Kubu Raya post authorEliazer 20 November 2022

Edukasi Keselamatan Kelistrikan kepada Pelajar, PLN UP3 Pontianak Gelar Program PLN Go To School

Photo of Edukasi Keselamatan Kelistrikan kepada Pelajar, PLN UP3 Pontianak Gelar Program PLN Go To School

KUBU RAYA, SP -  Tingkatkan kepedulian anak usia sekolah terhadap keselamatan ketenagalistrikan, PLN UP3 Pontianak laksanakan edukasi lewat program PLN Go To School di SMA Negeri 3 Sei Kakap, pada Kamis tanggal 17 November 2022 lalu.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk memberikan pemahaman dini kepada para pelajar terhadap potensi terjadinya kecelakaan jika listrik tidak dipergunakan dengan cara yang aman dan benar," ungkap Syaiful Azhari Siregar, Manager PLN UP3 Pontianak.

Ia merinci beberapa hal yang dapat menjadi potensi terjadinya kecelakaan listrik antara lain ; Bermain layang-layang terutama dengan menggunakan tali kawat disekitar jaringan listrik, mendirikan bangunan dekat jaringan listrik, menumpuk steker secara berlebihan, menanam pohon dan membakar sampah didekat jaringan listrik, dan lain-lain.

"Jika terpaksa harus beraktivitas disekitar jaringan listrik sebaiknya menghubungi petugas PLN terdekat atau laporkan lewat Contact Center PLN 123, bisa juga lewat aplikasi PLN Mobile," tegas Syaiful.

Ia juga menambahkan bahwa listrik dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif dan produktif khususnya untuk menumbuhkan peluang usaha serta peningkatan produktivitas ekonomi rumahan, seperti membuat kue, usaha laundry, jualan aneka minuman dingin, dan lain-lain.

"Banyak sekali manfaat listrik yang kita rasakan dalam menunjang aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, baik itu di rumah, di sekolah, di kantor, dan lain-lain," pungkas Syaiful.

Hal senada juga diungkap Resti (17), siswa SMA Negeri 3 Sei Kakap. Menurutnya, jika listrik dimanfaatkan secara aman dan benar maka banyak sekali kemudahan yang didapatkan oleh masyarakat. Diakuinya, saat ini listrik menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat maju dan modern.

"Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami, sehingga lebih memahami serta lebih peduli terhadap keberadaan listrik. Lewat kegiatan ini kami jadi tahu apa saja potensi terjadinya kecelakaan akibat salah dalam menggunakan listrik," tutur Resti.

Ia berharap kegiatan sosialisasi ini dapat terus dilakukan diberbagai lokasi sekolah agar semakin banyak para pelajar seperti dirinya yang peduli untuk menjaga keselamatan listrik terutama dilingkungan tempat tinggal masing-masing. (*)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda