Kubu Raya post authorKiwi 22 Mei 2020 768

Warga Ambawang Kerahkan Massa Cegah Teror Maling

Photo of Warga Ambawang Kerahkan Massa Cegah Teror Maling Ilustrasi

KUBU RAYA, SP – Warga Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya resah, pasalnya dalam sepekan ini wilayah mereka diteror maling. Warga pun mau tidak mau mengerahkan massa yang jumlahnya hampir 500 orang untuk berjaga-jaga.

Bram, seorang warga Lingga Timur, desa Lingga melengkapi diri dengan senjata lengkap. Mandau  tergantung di pinggang kiri lengkap dengan sarung. Pemandangan terhadap warga lain juga sama. Ada yang membawa tombak bahkan senapan.

Bram bercerita, keresahan warga bermula pada kejadian pencurian sepeda motor di desa Pancaroba, dusun Sairi kemarin, Selasa (19/5) kemarin malam. Kata dia, motor seorang warga yang diparkir di depan rumah raib.

“Kuncinya nempel di motor,” kata dia.

Kejadian berlanjut. Keesokan harinya, dua buah aki mobil giliran hilang. Warga setempat sempat melihat pelaku, namun aksi kejar-kejaran tak membuahkan hasil. Pelaku berhasil melarikan diri.

Tak sampai di situ, masih di dusun yang sama, tadi malam, Rabu (20/5) warga kembali diresahkan dengan adanya aksi percobaan bobol rumah. Aksi kejar-kejaran terhadap pelaku pun terjadi. Bahkan, warga menyisir keberadaan pelaku hingga di dalam hutan sampai pagi hari.

“Tapi tidak dapat, entah lari kemana pelakunya,” kata Bram.

Kejadian yang sama terulang kembali. Rumah warga yang ditinggal kerja, menjadi bahan percobaan pembobolan rumah. Ciri-ciri pelaku, kata Bram berperawakan tubuh tinggi besar, menggunakan jaket dan mengendarai motor jenis matik.

“Warga pun berjaga sampai sekarang warga sepanjang jalan trans Kalimantan dari desa korek sampai ke Lintang Batang bersenjata lengkap. Sampai jam 4 atau jam 5 sore,” ungkap Bram.

Kapolsek Ambawang, AKP Joko Sutriyatno membenarkan hal tersebut. Kata dia, Bhabin Kamtibmas dan anggotanya telah berkoordinasi dengan perangkat desa serta melakukan patrol malam.

“Info maling masih didalami,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kewaspadaan, dirinya mengimbau agar masyarakat  senantiasa berjaga malam di lingkungan masing-masing dan selalu koordinasi dengan Polsek.

“Nomor telepon anggota Polsek sudah disebar, manakala ada hal yang perlu ditindaklanjuti,” tutupnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kubu Raya, IPTU Charles mengatakan informasi itu sebetulnya sudah diterimanya dari seorang warga yang menghubunginya melalui whatapp.

“Saya kemaren ada di-wa oleh salah satu warga dari desa Pancaroba terkait informasi tersebut namun sampai dengan hari ini belom ada laporan ke Polres maupun Polsek,” ungkapnya. (sms)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda