Kubu Raya post authorBob 21 November 2020 85

Antisipasi Bahaya Kebakaran, Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan

Photo of Antisipasi Bahaya Kebakaran, Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan Antisipasi Bahaya Kebakaran, Lanud Supadio Gelar Latihan Penanggulangan

KUBU RAYA, SP - Dalam sehari terjadi kebakaran hebat yang melanda dua tempat fasilitas dinas di Lanud Supadio. Kebakaran pertama terjadi di kantor Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan tak berselang lama disusul kebakaran kedua yang menghanguskan dapur pada salah satu Rumah Dinas (Rumdin) di Komplek Megantara. 

Pada kebakaran tersebut mengakibatkan satu orang mengalami luka bakar dan telah dilarikan ke RSAU dr. Moh. Sutomo Lanud Supadio serta kerugian materiil. Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh para personel Seksi Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Supadio yang dengan sigap dan cekatan berjibaku melawan si jago merah.    

Ilustrasi di atas merupakan skenario simulasi latihan penanggulangan bahaya kebakaran di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio.  Latihan yang berlangsung selama dua hari diawali dengan sosialisasi dan simulasi penanganan bahaya kebakaran yang diikuti segenap personel dijajaran Lanud Supadio dan hari ini Kamis (19/11) dilaksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran.

Kasi Baseops Lanud Supadio, Letkol Sus Arif Budiman mengatakan bahaya kebakaran bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.  Oleh karenanya, setiap personel harus selalu waspada dan dapat mengatasi bila terjadi kebakaran baik terjadi di rumah maupun dikantor.

“Kemampuan dan keterampilan setiap personel dalam mengatasi bahaya kebakaran tentunya harus kita asah melalui sosialisasi dan latihan penanggulangan bahaya kebakaran.  Untuk itu, latihan seperti ini rutin dilaksanakan dengan tujuan agar setiap personel senantisa selalu memahami tentang cara-cara menggunakan alat-alat PK yang ada dikantor maupun dirumah,” ujar Kasi Baseops.

Ia menambahkan dengan rutinnya latihan ini diharapkan bila terjadi kebakaran para anggota dapat memadamkan api dan menyelamatkan diri serta keluarga sehingga korban jiwa dan kerugian material dapat diminimalkan.  

‘Tentunya kita semua berharap dan berdoa semoga bencana kebakaran tidak terjadi dilingkungan Lanud Supadio baik di kantor maupun di perumahan,” harap Perwira Menengah (Pamen) lulusan SEPA PK Tahun 2001 tersebut.

Dalam latihan ini melibatkan beberapa unsur atau satuan kerja (Satker) dijajaran Lanud Supadio diantaranya,  Dinas Operasi (Disops), Seksi Pemadam Kebakaran (PK), Satuan Polisi Militer TNI AU (Satpomau), Intelpam dan RSAU dr. Moh. Sutomo,

Sebelumnya, Personel Lanud Supadio melaksanakan simulasi dalam penanganan bahaya kebakaran yang digelar di depan kantor pemadam kebakaran Lanud Supadio, Rabu (18/11) seusai pelaksanaan apel pagi.

Simulasi penanganan bahaya kebakaran atau pemadaman kebakaran, diawali dengan sosialisasi dan pengenalan secara umum terhadap alat pemadam kebakaran (Alpeka) yang dapat digunakan baik bersifat konvensional maupun Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Kasi Baseops Letkol Sus Arif Budiman.

"Setiap personel Lanud Supadio harus selalu waspada terhadap bahaya kebakaran dan wajib mengerti alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan sesuai jenis kebakarannya baik Alpeka konvensional maupun APAR," seperti disampaikan Kasi Baseops. (mul)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda