Kubu Raya post authorKiwi 23 November 2023

Kadisdikbud Kalbar Buka PORSENI HUT PGRI dan HGN se-Kalbar di KKR

Photo of Kadisdikbud Kalbar Buka PORSENI HUT PGRI dan HGN se-Kalbar di KKR

Kubu Raya,SP -Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat (Disdikbud Kalbar) Rita Hastarit, S.Sos., M.Si membuka pekan olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 se-Kalbar di Kabupaten Kubu Raya

Pembukaan Porseni HUT PGRI ke 78 dan HGN se-Kalbar diawali dengan pemukulan Gong oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Rita Hastarita, bupati KKR H. Muda Mahendrawan, S.H. , ketua PGRI Kalbar,dan beberapa undangan lainnya.

Rita Hastarita mengatakan saat ini peningkatan kasus demam berdarah terjadi peningkatan diseluruh kabupaten kota di Kalbar, menurutnya peran guru-guru sangat membantu pemerintah daerah. Sehingga ia meminta satuan pendidikan untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk. baik itu botol, kaleng yang ada di sekolah masing-masing.

"Tolong di cek,jika ada air di dalamnya segera dibuang , begitu juga dengan penampungan air disekolah tolong di cek dan segera berkoordinasi dengan pihak puskesmas terdekat untuk segera di berikan Abate," Pintanya.

Rita menjelaskan penularan DBD itu terjadi mulai pukul 08.00-11.00 WIB disaat anak anak sedang belajar.
"jadi saya minta bapak ibu ,tolong semak semak di sekeliling sekolah masing-masing untuk di bersihkan, ditebas, nanti pasti akan kami cek apakah sudah di lakukan atau belum," Ucap nya.

Dalam kesempatan yang sama, Rita kembali meminta pihak pemilik kantin di masing masing sekolah ,tidak ada lagi yang menjual minuman saset.
," karena saat ini pemerintah daerah provinsi Kalbar melalui dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Kalimantan Barat itu memiliki tiga program hidup sehat, yaitu Sehat Bergizi, Sehat Imunisasi dan Sehat Fisik dan program ini yang masih terus Kami kampanyekan," Ungkap Rita.

Pada PORSENI HUT PGRI ke 78 dan HGN se-Kalbar, Rita meminta setiap Perserta tetap menjaga sportivitas , solidaritas sehingga bisa bermanfaat," kepada perserta yang hadir, dimohon jaga sportivitas, solidaritas dan kebersamaan ,biar kegiatan seperti ini bermanfaat," tutup Rita.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik Pekan Olahraga dan Seni ( Porseni ) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI ) ke 78 dan Hari Guru Nasional (HGN ) se-Kalbar Tahun 2023 yang di selenggarakan di kabupaten Kubu Raya.

Muda Mahendrawan mengatakan kegiatan HUT PGRI ke 78 dan HGN tahun 2023 ,bukan hanya sekedar ajang untuk bertanding, tetapi lebih bagaimana kita bersanding untuk memperkuat semangat dedikasi pengabdian peran guru yang ada di republik ini ,dan juga sebagai tempat kita menancapkan kearifan lokal budaya sebagai perekat bangsa dan sekaligus sebagai contoh buat anak-anak.

," Tentunya sebagai bupati kubu Raya,saya berterima kasih kepada pengurus PGRI Provinsi Kalbar, dan pengurus PGRI tingkat kabupaten kota,karena telah menjadikan kabupaten Kubu Raya menjadi tuan rumah personi HUT PGRI dan HGN se-Kalbar Tahun 2023 ini," ucap muda Mahendrawan saat upacara pembukaan Personi HUT PGRI dan HGN se-Kalbar di halaman kantor Bupati kubu Raya," Kamis 23/11/2023.

Muda berharap kegiatan PORSENI PGRI dan HGN yang berlangsung selama tiga hari ini dapat membangun solidaritas sesama perserta, karena menurut nya solidaritas sangat penting untuk meningkatkan semangat bersama.
," Karena dedikasi, daya juang guru , menanjak itu memaknainya adalah daya juang yang tinggi, makanya dengan daya juang yang tinggi. maka kita berharap bila mana guru nya berdaya Juang terus ,maka anak-anak di segala penjuru juga akan berdaya berjuang tinggi untuk terdidik.

," Begitu juga jika gurunya progresif,maka anak anak kita juga akan memiliki progresif ,dan apabila guru guru nya menanjak mendunia ,maka anak anak atau penerus kita juga akan ikut menanjak dan mendunia," ucap Muda Mahendrawan.
Lebih lanjut Muda mengatakan generasi muda mendunia cara berpikir nya sekarang sudah luas , dan menjadi tantangan buat guru guru ataupun kita bersama.maka tranformasi guru , sesuai dengan tema HUT PGRI tahun ini sudah kita Alami.
Perjalan panjang PGRI dari awal kemerdekaan hingga berdirinya PGRI, mengawali kemerdekaan dan mengisi,tentu titik-titik perjalanan ini sudah banyak mengalami dinamika,pasang surut di negeri ini, Namun PGRI selalu hadir dan memberikan warna dalam peningkatan dan perubahan dalam mengisi kemerdekaan.

," Untuk itu mudah mudahan PGRI Provinsi Kalimantan Barat , maupun PGRI kabupaten kota , jauh lebih bersemangat , karena PGRI adalah perekat ,permersatu, untuk itu sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kubu Raya dan semoga bahagia, sesuai dengan visi kubu Raya yang juga adalah bahagia," Ungkap Muda Mahendrawan.

Dalam kesempatan itu Muda Mahendrawan mengatakan keberagaman adalah bagian dari kebahagiaan, bukanlah keresahan, atau ancaman, tetapi dengan keberagamanlah kita bahagia , sehingga nilai seperti ini yang patut dijadikan sebagai contoh buat anak-anak.

," Maka transformasi guru Baik dari sistem pendidikan yang hari ini, kita di tuntut merdeka belajar, dapat membuat transformasi dari yang tidak mau bergerak menjadi mau bergerak, begitu juga yang tidak mau kreatif, menjadi lebih kreatif , sehingga bisa mendunia dan inilah yang akan menentukan generasi unggul.

Lanjut Muda karena bonus demografi yang sudah kita mulai rasakan hari ini ,di tahun 2030, sekitar ada 64 persen penduduk kita berusia produktif. maka menurutnya menuju 2045 , kita- kitalah yang bertanggung jawab semuanya.
," Jangan sampai generasi kita yang menjadi beban Negeri ini. Kita perlu ingat para pejuang kemerdekaan telah memberikan nilai bagaimana generasi muda bisa menghadirkan kepatuhan dalam perjalan sejarah negeri .Maka hari ini kita yang harus bertanggung jawab untuk memperbaiki generasi 2030- 2045.

Untuk itu saya mengajak kita semua , dengan momentum hari ini , biarlah menjadi legesi, bagi anak anak kita, agar kedepan mereka lebih baik dan punya masa depan yang unggul berkarakter," tutup muda Mahendrawan.(*)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda