Kubu Raya post authorBob 25 Januari 2023

Bupati Muda Terima Kunjungan Kerja Sekjen KLHK

Photo of Bupati Muda Terima Kunjungan Kerja Sekjen KLHK Bupati Muda Terima Kunjungan Kerja Sekjen KLHK

KUBU RAYA, SP - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Sekjen KLHK) Bambang Hendroyono, di Ruang Rapat Pamong Praja Satu, Kantor Bupati Kubu Raya, kemarin.

Kabupaten Kubu Raya dan Kementerian LHK sebelumnya sama-sama mendapatkan Bhumandala Kanaka (Medali Emas) dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia terkait prestasi dalam mengembangkan Simpul Jaringan dan meningkatkan pemanfaatan lnformasi Geospasial. Untuk itulah Sekjen KLHK Bambang Hendroyono melakukan kunjungan kerja ke Kubu Raya. 

"Di sini kita melihat ada hal-hal yang perlu disatupadukan terkait data-data yang ada pada kita (Pemkab Kubu Raya) dengan sistem data geospasial yang berbasis by name, by address, by coordinat dengan data yang ada KLHK," ujar Bupati Muda. 

Melalui simpul jaringan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan sistem data geospasial, kata Bupati Muda, akan memudahkan pengambilan kebijakan bagi kementerian. 

"Dan kita (Pemkab Kubu Raya) juga akan mudah memberdayakan," kata Bupati Muda. 

Dari pertemuan tersebut, lanjut Bupati Muda, nantinya akan dapat dibuat kebijakan-kebijakan untuk memperkuat berbagai hal terkait perubahan-perubahan yang akan diusulkan. 

"Misalnya sebaran kawasan hutan, status kawasannya, sebaran penduduknya, dan sebagainya," terangnya. 

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengungkapkan kunjungan kerja pihaknya ke Kabupaten Kubu Raya bukan lantaran Kabupaten Kubu Raya dekat dengan Pontianak dan bukan pula karena Kabupaten Kubu Raya pecahan dari Kabupaten Mempawah. 

"Pemkab Kubu Raya dan KLHK sama-sama mendapatkan penghargaan Bhumandala Award, kami bertugas ke sini juga atas izin Ibu Menteri LHK," kata Sekjen Bambang Hendroyono. 

Hal itu, kata Bambang, tentunya menjadi perhatian khusus oleh KLHK, yakni kerja berbasis landscape dan pendekatan secara spasial. 

"Yang menjadikan kita menjadi satu kesatuan bekerja dan melangkah, itu telah berubahnya kebijakan perencanaan anggaran dan pertanggungjawaban bukan berdasarkan kebutuhan dirjen-dirjen," kata dia. 

Turut hadir mendampingi Sekjen KLHK Kepala Biro Humas KLHK Nuhu Angurah, Direktur Pengendalian Usaha Pemanfaatan Kawasan Khairi Wenda, dan Sekbadan BP2SDM KLHK Ade Palguna Ruteka. (lwu)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda