Kubu Raya post authorKiwi 29 Juli 2021

Kubu Raya Kerja Sama dengan Kota Pontianak, Sepakat Tracing dan Vaksinasi Massal Area Perbatasan

Photo of Kubu Raya Kerja Sama dengan Kota Pontianak, Sepakat Tracing dan Vaksinasi Massal Area Perbatasan Rapat Koordinasi Satgas Covid Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya membahas tracing dan vaksinasi massal di wilayah perbatasan desa dan kelurahan, di Makodim 1207/Pontianak, Rabu (28/7).

 

KUBU RAYA, SP - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Pemerintah Kota Pontianak sepakat melakukan tracing dan vaksinasi massal di wilayah perbatasan desa dan kelurahan, karena kedua daerah ini dibatasi desa dan kelurahan serta kecamatan.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, mengatakan upaya melakukan tracing vaksinasi massal di desa dan kelurahan yang berbatasan ini, Kodim 1207/Pontianak bersama Koramil dan Polsek yang akan mempertemukan antara camat yang satu dengan camat lainnya. Begitu juga dengan desa dan kelurahan yang berada di perbatasan Kota Pontianak dan Kubu Raya.

“Nanti pihak Koramil yang akan mempertemukan desa dengan kelurahan sambil membicarakan bagaimana vaksinasi massal dan tracing ini, kita sama-sama melihat pemetaan untuk menentukan titik-titik mana yang harus diperkuat dan dipertebal terkait pengamanan di wilayah hukum Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dalam mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," kata Muda, usai menghadiri Rapat Koordinasi Satgas Covid Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, di Makodim 1207/Pontianak, Rabu (28/7).

Ia menilai, dalam melakukan tracing tentunya harus melihat perkembangan positivity rate-nya dan dilakukan dengan cara humanis. Tenaga kesehatan (nakes) juga akan dilibatkan untuk tracing, termasuk juga vaksinasi supaya bisa memetakan sama-sama wilayahnya.

“Nanti, Puskesmas yang berbatasan bersama tim desa dan kelurahan yang bersebelahan itu bisa sama-sama diperkuat, sehingga herd immunity (kekebalan kelompok)-nya itu bisa menyebar di wilayah perbatasan dan tentunya wilayah itu akan aman. Makanya, kita harapkan menebalnya itu pada posisi wilayah pebatasan," terangnya. 

Kepadatan Penduduk Cukup Besar

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan bahwa pihaknya membentuk tim satgas di tingkat RT dan RW. Setiap kompleks perumahan harus memiliki tim satgas covid. Karena hal itu sangat efektif sebagai mediasi dan komunikasi antara tim satgas bersama Puskesmas dan Satgas Covid Kota Pontianak.

“Untuk melakukan tracing dan vaksinasi massal, tentunya kita harus berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya karena kedua daerah ini sudah sangat menyatu,” tuturnya.

“Kita juga akan libatkan Satgas Covid di setiap kelurahan yang berbatasan dengan desa di Kubu Raya untuk melakukan tracing maupun vaksinasi massal dan hal ini akan terus kita lakukan dan koordinasikan," ucap Edi.

Ia menilai, wilayah yang paling rawan itu berada di perbatasan, seperti Kecamatan Sungai Raya dengan Kecamatan Pontianak Tenggara, Kecamatan Sungai Kakap dengan Kecamatan Pontianak Barat dan kecamatan lainnya di Kubu Raya yang bersebelahan dengan Kota Pontianak.

"Karena wilayah perbatasan ini memiliki kepadatan penduduk cukup besar. Makanya dalam melakukan tracing dan vaksiansi massal, Pemkot Pontianak maupun Pemkab Kubu Raya akan difasilitasi Kodim 1207/Pontianak," tandas Edi. (lwu/lha)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda