Kubu Raya post authorKiwi 30 Juni 2020 56

Pangdam XII/Tpr Lepas 14 Pamen Gol IV Alih Tugas

Photo of Pangdam XII/Tpr Lepas 14 Pamen Gol IV Alih Tugas TRADISI PELEPASAN - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, memimpin tradisi pelepasan 14 Pamen Gol IV Kodam XII/Tpr, yang alih tugas pada jabatan baru. Acara berlangsung di Aula Makodam XII/Tpr, Senin (19/6).

KUBU RAYA, SP - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, memimpin langsung tradisi pelepasan terhadap 14 Pamen Gol IV Kodam XII/Tpr, yang alih tugas pada jabatan baru. Acara berlangsung di Aula Makodam XII/Tpr, Senin (19/6).

Menurut Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, tradisi pelepasan ditandai dengan penghormatan terhadap Pataka Kodam XII/Tpr dan penandatanganan naskah tradisi oleh para Pamen Golongan IV.

"Penciuman dan penghormatan kepada Pataka Kodam XII/Tpr Carathana Jita Vina mengandung makna bahwa mereka akan selalu dikenang sebagai prajurit Kodam XII/Tpr dimanapun mereka bertugas," ujarnya.

Dijelaskan olehnya, acara tradisi pelepasan terhadap para Perwira Menengah Golongan IV yang alih tugas ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara dan meningkatkan motivasi juang prajurit dalam rangka menumbuhkembangkan patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian prajurit.

"Sehingga dengan acara tradisi pelepasan ini mereka para perwira akan selalu mempunyai rasa memiliki dan mencintai satuan khususnya Kodam XII/Tpr," jelasnya.

Tradisi ini berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Angkatan Darat. Serta Surat Perintah Pangdam XII/Tpr Nomor Sprint/834/VI/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan/kesatuan Pamen Kodam XII/Tpr.

Selain pelepasan 14 Pamen Gol IV, Pangdam XII/Tpr, juga mengukuhkan secara resmi 28 Pamen Gol IV, menjadi bagian keluarga besar Kodam XII/Tpr. Pengukuhan dilaksanakan dalam acara tradisi penerimaan warga baru yang berlangsung di Lapangan Tugu Khatulistiwa Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya.

“Tradisi penerimaan warga baru diikuti oleh sebanyak 28 perwira menengah (Pamen) golongan IV yang akan menduduki jabatan dilingkungan Kodam XII/Tpr. Kegiatan tradisi juga dihadiri oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh serta para pejabat utama Kodam XII/Tpr,” kata Kapendam XII/Tpr.

"Penerimaan warga baru ditandai dengan pernyataan resmi penerimaan warga baru oleh Pangdam XII/Tpr dilanjutkan dengan penandatanganan naskah tradisi masuk satuan dan penciuman Pataka Kodam XII/Tpr," jelasnya.

Lebih lanjut menjelaskan, tradisi penerimaan warga baru bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan motivasi juang prajurit dalam rangka menumbuhkembangkan patriotisme, etos kerja, soliditas, komitmen pengabdian prajurit kapan dan dimanapun berada dan bertugas.

"Selain itu juga guna untuk meningkatkan militansi personel Kodam XII/Tpr melalui pengoptimalan Bintal Fungsi Komando, peningkatan peran sejarah dan kedisiplinan personel Kodam XII/Tpr dalam rangka mewujudkan profesionalisme organisasi TNI AD," ujarnya. (ril/dam)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda