Kubu Raya post authorBob 29 Juli 2021

Danlanud Supadio Beserta Seluruh Personel Ikuti Upacara Hari Bakti Secara Virtual

Photo of Danlanud Supadio Beserta Seluruh Personel Ikuti Upacara Hari Bakti Secara Virtual UPACARA - Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak didampingi Danwing 7 dan para Kepala Dinas mengikuti Upacara Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU secara virtual. Ist

KUBU RAYA, SP - Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak didampingi Danwing 7 dan para Kepala Dinas mengikuti Upacara Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU secara virtual yang dipimpin Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P secara terpusat dari Mabesau, Kamis (29/7).

Selain mengikuti secara virtual di ruang VIP, seluruh personel Lanud Supadio juga menyaksikan berlangsungnya upacara dari ruang masing-masing melalui tayangan langsung kanal Youtube Airmen TV Dispenau.

Meski secara terpisah, tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan upacara yang dilakukan untuk mengenang 2 peristiwa heroik bersejarah pada tanggal 29 Juli 1947 yaitu keberhasilan operasi udara pertama TNI AU sejak berdiri tahun 1946 dan gugurnya 3 perintis TNI AU dalam pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh.

Melalui 2 peristiwa bersejarah tersebut setiap tahunnya pada tanggal 29 Juli, TNI AU secara rutin memperingati Hari Bakti sebagai wujud penghargaan kepada para perintis TNI AU dan menanamkan nilai luhur semangat perjuangan dalam diri setiap insan TNI AU dalam penugasan dimasa kini.

Sebelumnya, sehari menjelang peringatan Hari Bakti ke-74 TNI AU tahun 2021, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak memimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya, Rabu (28/7).

\Ziarah tersebut merupakan sebuah refleksi diri untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang rutin dilaksanakan saat peringatan hari-hari besar bersejarah.Sesaat setelah melakukan tabur bunga di pusara pahlawan, Danlanud mengatakan bahwa ziarah rombongan dilakukan untuk mengenang perjuangan para pendahulu TNI AU.

"Hari Bakti merupakan momen penting bagi insan TNI AU karena pada 29 Juli 1947 kesatria muda Angkatan Udara kala itu berhasil melakukan operasi udara pertama AURI sejak berdiri tahun 1946," kata Danlanud.

Semangat juang dan kesuksesan dalam melaksanakan misi inilah yang menurut Danlanud harus terus menyala dalam diri setiap insan TNI AU.

"Operasi udara yang sangat luar biasa, kesatria muda tersebut berhasil melaksanakan tugas mulia dan kembali dengan selamat meskipun hanya menggunakan pesawat peninggalan Jepang," lanjut Danlanud.

Kemudian, Danlanud juga menceritakan bahwa keberhasilan operasi udara tersebut harus dibayar mahal dengan gugurnya 3 perintis Angkatan Udara.

"Keberhasilan kita ternyata harus dibayar mahal karena tak lama berselang Kitty Hawk Belanda melakukan serangan balasan dengan menembak jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dan didalamnya terdapat Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wirjokusumo," tambah Danlanud.

Melalui 2 peristiwa bersejarah tersebut, TNI AU secara rutin memperingati Hari Bakti setiap tahunnya untuk terus menanamkan nilai luhur dalam diri setiap insan TNI AU sebagai pedoman pengabdian dalam setiap penugasan.

Selain upara secara virtual dan ziarah ke TMP, dalam rangka Harbak ke-74 TNI AU, Lanud Supadio telah menyelenggarakan beberapa kegiatan, di antaranya adalah Serbuan Vaksinasi, Karya Bakti pembersihan rumah ibadah, donor darah, dan berbagi alat kesehatan Covid-19 kepada warga di Kubu Raya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda