Lainnya post authorelgiants 01 Maret 2020 242

Mahathir Siap Lawan Muhyiddin

Photo of Mahathir Siap Lawan Muhyiddin SAPA - Presiden Partai Bersatu, Muhyiddin Yassin, menyapa masyarakat Malaysia, usai dilantik menjadi Perdana Menteri, Minggu (1/3).

KUALA LUMPUR, SP - Perdana Menteri (PM) interim Malaysia, Mahathir Mohamad, mengaku siap bertahan sebagai PM. Dalam keterangan resmi, Mahathir juga membantah mendukung Presiden Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), Muhyiddin Yassin.

Muhyiddin yang didukung oposisi Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), sedangkan  Mahathir menolak bekerja sama dengan UMNO yang ia anggap korup. UMNO sendiri adalah pendukung mantan PM Najib Razak. Mahathir menganggap Muhyiddin tidak memiliki mayoritas suara dari Dewan Rakyat (Parlemen Malaysia) sehingga tidak pantas diangkat sebagai PM.

Politikus berusia 93 tahun itu mendorong anggota parlemen untuk mengajukan mosi tidak percaya terhadap Presiden Bersatu tersebut.

"Sebagaimana yang saya berulang kali ucapkan, saya menolak kerja sama dengan individu-individu yang diketahui korup dan bagian dari administrasi kleptokratik yang Pemerintah Pakatan Harapan berusaha keras untuk singkirkan," ujar Mahathir dalam pernyataan resmi, Minggu (1/3).

Mahathir pun menegaskan tidak pernah menandatangani deklarasi dukungan untuk Muhyiddin. Muhyiddin sendiri, mendapat dukungan dari UMNO dan Partai Islam Se-Malaysia (PAS) untuk menjadi PM. Muhyiddin juga yang mengajak keluar Bersatu dari Pakatan Harapan usai Mahathir mundur.

Usai Bersatu angkat kaki dari Pakatan Harapan, tiga partai yang tersisa adalah Partai Keadilan Rakyat (PKR), Partai Tindakan Demokratik, dan Partai Amanah Negara. Meski ditinggal Bersatu, Mahathir Mohamad memutuskan untuk bertahan sebagai perdana menteri. Ia optimistis Pakatan Harapan masih bisa bertahan sebagai mayoritas.

"Saya telah mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Pakatan Harapan. Saya sekarang percaya, bahwa saya memiliki jumlah yang diperlukan untuk mendapat dukungan mayoritas di Dewan Rakyat," paparnya.

"Saya dengan ini bersiap untuk berdiri sebagai kandidat prospektif Perdana Menteri. Keputusan ini akan disampaikan ke Yang Di-Pertuan Agong," tegas Mahathir.

Menurut Mahathir, manuver Muhyiddin lah yang membuatnya Mahathir memutuskan mundur sebagai PM awal minggu ini. Manuver Muhyiddin disebut tak sabar agar Mahathir turun sehingga ingin membuat koalisi baru.

Mahathir disebut tidak setuju dengan rencana Muhyiddin dan Azmin yang ingin membangun koalisi baru. Hal itu dianggap sebagai "politik pintu belakang." Selain itu langkah Muhyiddin dan Azmin membangun koalisi baru justru bagaikan angin segar bagi partai oposisi UMNO.

Awal pekan ini situasi politik negeri jiran Malaysia dibuat geger dengan mundurnya Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri. Pakatan Harapan pun ditinggalkan oleh Partai Bersatu yang merupakan partai penyokong Mahathir.

Kegaduhan politik negeri jiran tidak akan berakhir dengan terpilihnya Presiden Bersatu, Muhyiddin sebagai PM Malaysia. Muhyiddin ditunjuk langsung oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah.

Siapa sebenarnya Muhyiddin Yassin? Meski namanya tak tenar seperti Anwar Ibrahim, Muhyiddin adalah pemain lama di dunia politik negeri jiran dan pernah menjadi anak buah dua PM Malaysia yang tenar: Mahathir Mohamad dan Najib Razak. Muhyiddin pernah menjadi anak buah Najib Razak, yakni sebagai wakil perdana menteri pada 2009-2015.

Selama menjadi anggota UMNO, Muhyiddin pernah mengisi jabatan menteri, seperti Menteri Pertanian dan Industri Agro dan Menteri Pendidikan. Dulu ia juga pernah bekerja sebagai menteri ketika Mahathir Mohamad menjadi PM Malaysia di tahun 1990-an.

Pada 2015, Muhyiddin akhirnya dipecat oleh Najib Razak karena Muhyiddin mempertanyakan investigasi skandal korupsi 1MDB. Usai dipecat, Muhyiddin dan Mahathir Mohamad mendirikan Partai Bersatu. Ia pun terpilih menjadi Menteri Dalam Negeri Malaysia. (lip/cnn)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda