Lainnya post authorAdmin 25 Februari 2020 220

Kunjungan Khusus Wakil Atase Pers Dubes Amerika Serikat, Sita Raiter Takjub dan Kagum dengan Suara Pemred

Photo of Kunjungan Khusus Wakil Atase Pers Dubes Amerika Serikat, Sita Raiter Takjub dan Kagum dengan Suara Pemred FOTO BERSAMA - Wakil Pemimpin Redaksi Suara Pemred, Bob Soeryadi dan jajaran manajemen foto bersama dengan Wakil Atase Pers Dubes Amerika Serikat, Sita Raiter berserta staf, Tia Andriani. SUARA PEMRED/IKA

Wakil Atase Pers Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sita Raiter secara khusus mengunjungi Kantor Harian Suara Pemred Kalbar, di Jalan Sidas Kota Pontianak, Selasa (25/2).

Setibanya, di Kantor Suara Pemred, Sita yang didampingi oleh Information Assistent Public Affairs Section US Embassy Jakarta, Tia Andriani tampak serius memperhatikan satu per satu bingkai dokumen berita besar yang pernah diterbitkan media lokal khas Kalimantan Barat ini.

Selain itu, sejumlah foto atau piagam penghargaan yang pernah diperoleh oleh wartawan dan media Suara Pemred tak luput menjadi perhatian oleh Sita Raiter.  Sembari melihat dokumen tersebut, dirinya juga terlihat mengacungkan jempol diarahkan ke Wakil Pemimpin Redaksi Suara Pemred, Bob Soeryadi yang kala itu menerima langsung kunjungannya.

Sita Raiter mengatakan, kunjungannya ini merupakan bagian dari agenda relationship antara Atase Pers Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia dengan sejumlah media yang ada di Indonesia, secara khusus di Kalimantan Barat.

"Kita ingin berdiskusi mengenai sejumlah topik atau isu yang kerap dimuat oleh sejumlah media. Di samping itu, kita juga sharing tentang kerja wartawan Indonesia dalam hal melakukan tugas di lapangan dan wawancara," terang Sita diterjemahkan oleh Information Assistent Public Affairs Section US Embassy Jakarta, Tia Andriani.

Wanita yang baru enam bulan berada di Indonesia ini mengatakan, Amerika Serikat dan Indonesia memiliki persamaan, terumata mengenai pandangan soal keberagaman. Menurut dia, ini dapat menjembatani pemahaman budaya kedua negara untuk membangun hubungan bilateral yang erat.

"Salah satu persamaan Amerika dan Indonesia, yaitu sama-sama negara demokratis yang menjunjung nilai-nilai toleransi dan keragaman," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sita Raiter juga menjelaskan sejumlah program Atase Pers Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, di antaranya pelatihan untuk wartawan, beasiswa serta pertukaran sumber daya manusia.

"Kita telah menyiapkan wadah pendampingan bagi warga Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan di Amerika Serikat, dengan membuka call center maupun posko. Setiap tahun ada 500 warga Indonesia yang mendapatkan beasiswa kuliah di Amerika," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Suara Pemred Kalbar, Bob Soeryadi mengapresiasi peran Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia dalam hal turut mengembangkan potensi sumber daya manusia yang ada di Kalimantan Barat, melalui program-programnya seperti pelatihan, workshop dan membangun American Corner di Universitas Tanjungpura Pontianak.

"Tentunya ini mesti dimanfaatkan oleh para pelajar atau mahasiswa yang ada di Kalimantan Barat, untuk memperoleh peluang kuliah atau sekolah di Amerika Serikat serta mendapatkan ilmu pengetahuan di program ini," ujarnya.

Bob, dalam kesempatan itu juga menjelaskan profil Suara Pemred yang merupakan media lokal khas Kalimantan Barat, serta memaparkan produk dan tantangan yang dihadapi media cetak dan online ini.

"Tadi, mereka (Sita Raiter dan Tia) takjub dan kagum melihat dokumentasi berita - berita yang dimuat oleh Suara Pemred, serta mendengar dinamika yang dihadapi rekan - rekan wartawan ketika menjalankan tugas di lapangan, seperti mendapatkan ancaman," ungkap Bob.

Semua itu, terang Bob semata untuk menyajikan berita atau informasi yang baik, sesuai kaedah dan kode etik jurnalistik. "Sesuai dengan tagline, Suara Pemred kerap melakukan liputan khusus atau investigasi mengenai sejumlah topik besar, namun tidak pernah terbuka ke publik, baik itu mengenai kasus hukum, pembangunan maupun isu lainnya," tutupnya.

Selain diterima oleh Wakil Pemimpin Redaksi, kunjungan Wakil Atase Pers Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sita Raiter dan staf juga dihadiri oleh Manajer Iklan Suara Pemred, Sholihin, Manajer Pemasaran/Sirkulasi, Kusnan dan PSDM/HRD, Syawaludin.

Pertemuan ini diakhir dengan sesi foto bersama dan pertukaran cenderamata antara Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia dengan Suara Pemred Kalbar. (aep mulyanto)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda