Landak post authorKiwi 06 Juli 2020 54

Hidupkan Semangat Gotong-Royong, Maria Goreti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Door to Door

Photo of Hidupkan Semangat Gotong-Royong, Maria Goreti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Door to Door SOSIALISASI - Anggota Komite I DPD RI Dapil Kalbar, Maria Goreti, menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, bersama masyarakat di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

NGABANG, SP – Menghidupkan dan mengaktulisasikan semangat gotong-royong dalam kehidupan sehari-hari, adalah salah satu dari unsur-unsur Pancasila. Untuk itu, sebagai salah seorang Anggota MPR RI, Maria Goreti pun terus mengkampanyekan sikap hidup yang terpuji ini.

Dikemas dalam kegiatan Bakti Sosial, Anggota Komite I DPD RI Dapil Kalbar ini, menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. Sosialisasi ini mengangkat tema “Gotomng-Royong Mengatasi Pandemi, Aktualisa Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari”.

Sosialisasi yang berlangsung beberapa waktu lalu tersebut, menyasar beberapa desa di Kecamatan Pahauman, Kabupaten Landak. Menurut Maria, di tengah pandemi Covid-19 ini, sudah seharusnya semangat gotong-royong, terus digemakan dan direalisasikan dalam kehidupan nyata.

“Dalam gotong-royong, sudah tercakup semua sila.Kalau tidak ada gotong-royong, maka tidak ada Misa di Gereja. Tidak ada kebaktian di Gereja, tidak ada salat berjamaah di Masjid, tidak ada rumah ibadah satupun yang berdiri,” ujar Maria.

Kemudian, lanjutnya, juga tidak ada keadilan sosial,tidak ada musyawarah dan persatuan. Untuk itu, papar Maria, ia berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai ini, karena bisa jadi orang lupa, bahwa nilai ini sangat luhur dan mulia.

“Saat saya kecil, bahkan membangun gedung sekokah pertama di kampung, dilakukan dengan cara gotong-royong.Ada yang mengangkut pasir,batu,kayu, atap sirap. Bahkan, kami anak-anak kecil, turut membantu membawa ember berisi air dari sungai, untuk orangtua mengaduk semen,” tuturnya.

Maria menjelaskan, semangat gotong-royong di masyarakat Indonesia, tidak sepenuhnya pudar. Hanya saja, ada beberapa keadaan yang harus terus diperbaiki, karena adanya desakan zaman, di mana masyarakat sedikt tergerus dengan budaya luar.

Untuk itu, Maria yang mencontohkan kehidupan bergotong-royong saat ia masih kecil, yaitu saat orang-orang kampungnya mendirikan sekolah, ia terkesan, karena sangat luar biasa semangat gotong-royong masyarakat. Tua muda, laki-laki dan perempuan, semua bersatu pada.

“Begitu juga menjelang 17 Agustus, masyarakatrutin gotong-royong menebas jalan. Tua muda, besar kecil, laki perempuan. Yang perempuan tidak mesti ikut menebas, tapi membuat makanan kecil,bubur, teh, dan kopi untuk para pekerja,” ujarnya.

“Semangtat inilah yang mau saya hidupkan di kampung. Dusun Kebadu,Pengapet,Raden, dan Angkabang, Desa Paloan, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak,” lanjutnya.

Soslisasi empat pilar MPR RI, yang dilakukan oleh Maria Goreti, memang cukup unik. Ia berjalan dari rumah ke rumah warga,sembari membagikan paket Sembako kepada masyarakat di empat dusun tersebut. Ia juga mensosliasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, agar terhindar dari Covid-19.

“Intinya masyarakat harus menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Makan-makanan yang bergizi, karena di dusun dan desa, semua itu masih tersedia. Misalnya sayur bisa menanam sendiri, lauk pauk masih bisa memelihara sendiri. Jadi lebih sehat,” papar Maria. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda