Landak post authorKiwi 09 September 2020

Bupati Minta Masyarakat Landak Tetap Waspada Ancaman Banjir

Photo of Bupati Minta Masyarakat Landak Tetap Waspada Ancaman Banjir Bupati Landak, Karolin Margret Natasa

LANDAK, SP – Ketinggian banjir di Kabupaten Landak berangsur surut, meski begitu, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengingatkan masyarakat, perangkat desa, kecamatan serta organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait selalu waspada terhadap ancaman banjir, tanah longsor maupun angin puting beliung.

Ada 34 dusun, 18 desa, dan tujuh kecamatan meliputi Kecamatan Ngabang, Menyuke, Menjalin, Meranti, Air Besar dan Kuala Behe yang terdampak banjir. Total ada 1.218 Kepala Keluarga (KK) dan 1.714 rumah yang terendam bajir.

“Ini adalah banjir yang kelima di Landak, setiap terjadi banjir, Pemkab Landak dibantu Pemprov Kalbar selalu memberikan bantuan,” kata Karolin saat meninjau banjir di Ngabang, Selasa (8/9).

Menurut Karolin, pihaknya telah membagikan kurang lebih 20 ton beras dan makanan siap saji ke desa-desa yang terdampak banjir.

“Kita juga lakukan evakuasi terhadap warga yang kondisi rumahnya tidak memungkinkan untuk ditinggal,” ungkap

Karolin menambahkan pihaknya juga akan mendata daerah pertanian yang terdampak banjir, agar pada pasca banjir dapat diidentifikasi secara cepat wilayah pertanian yang terdampak banjir agar dapat diberikan bantuan.

“Kita juga sedang mendata daerah pertanian yang terdampak banjir agar dapat diidentifikasi daerah-daerah yang gagal panen, sehingga kami akan meyiapkan bantuan benih agar masyarakat Kita dapat menanam kembali,” terang Karolin.

Karolin menjelaskan beberapa sarana dan prasarana yang rusak juga akan segera diinventarisasi terlebih dahulu agar dapat dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Beberapa jembatan ada yang roboh, daerah ada yang terputus jalur transportasinya tentu akan Kami segera benahi kedepannya untuk membenahi jembatan, pembangunan jembatan darurat dan apapun bentuknya akan Pemerintah tangani,” jelas Karolin.

Masyarakat dan seluruh jajaran di Pekab Landak diingatkan Karolin selalu waspada dengan kondisi cuaca saat ini. Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG intensitas curah hujan masih tinggi di wilayah Landak.

“Saya minta semua harus waspada walaupun banjir saat ini sudah berangsur surut, tetapi masyarakat serta perangkat desa, kecamatan dan OPD terkait harus terus siaga apabila terjadi lagi curah hujan yang tinggi di Landak,” tutup Karolin. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda