Landak post authorKiwi 10 Juli 2020

Bupati Landak Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani

Photo of Bupati Landak Salurkan Bantuan Alsintan ke Petani Ilustrasi

LANDAK, SP - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk petani di Landak. Serah terima bantuan Alsintan ini dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak, Kamis (9/7).

Penyaluran tahap pertama diberikan kepada 15 kelompok tani meliputi Kelompok Tani Lampaet Raya, Tabuk Edo, Binalatn, Bagiling, Rajaki Pagong, Giat Usaha, Aleant Kanayatn, Tuah Rame Tuha, Tingkumung, Coba Maju, Suka Damai II, Suka Maju 2, Nek Indong, Tunas Muda, dan kelompok tani Dano Pane.

Karolin berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para petani sehingga mampu meningkatkan produksi pertanian di Landak.

"Hari ini kami menyerahkan alat pertanian. Silakan dimanfaatkan dengan baik, dirawat dan dijaga agar alatnya bertahanan lama. Semoga bantuan ini bisa membantu ibu bapak meningkatkan produktivitas pertanian," ucap Karolin.

Karena situasi Covid-19, pengadaan Alsintan tahun ini sedikit berkurang kuotanya karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga masih ada beberapa kelompok tani yang belum mendapat bantuan.

"Kepada yang belum dapat mohon maaf, nanti sampaikan saja ke kami. Semoga nanti secara bertahap bisa kami penuhi, karena memang kebutuhan kita sangat banyak dan yang sudah mendapat bantuan tolong luasan lahannya ditambah supaya hasilnya juga bisa lebih banyak," imbuh Karolin.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, DPPKP  Landak, Hiasintus Gunung Agung menjelaskan akan ada penyaluran bantuan kembali untuk tahap selanjutnya yang akan disalurkan beberapa waktu mendatang.

"Saat penyaluran tahap pertama dulu, karena akan ada tahap selanjutnya sesuai petunjuk dan arahan Bupati Landak. Jenis Alsintan yang disalurkan saat ini yakni Power Threser sebanyak tujuh unit, Corn Sheller dua unit, Handtraktor lima unit, dan Combine Harvester satu unit," jelas Hiasintus. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda