Landak post authorEliazer 10 Januari 2023

Samuel Serahkan Bantuan Perahu Evakuasi Banjir untuk Empat Dusun di Desa Hilir Tengah

Photo of Samuel Serahkan Bantuan Perahu Evakuasi Banjir untuk Empat Dusun di Desa Hilir Tengah Pj Bupati Landak, Samuel saat menyerahkan bantuan perahu secara simbolis untuk warga di Kantor Desa Hilir Tengah, Selasa (10/1). ist

LANDAK, SP - Bupati Landak, Samuel menyerahkan secara simbolis bantuan perahu evakuasi banjir kepada empat dusun di wilayah Desa Hilir Tengah, Kecamatan Ngabang. Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Desa Hilir Tengah, Selasa (10/1).

Samuel mengatakan melihat dari pengalaman yang sebelumnya ketika terjadi banjir, terdapat kesulitan dalam mengevakuasi masyarakat yang berada di pinggiran sungai.

"Perahu ini lebih kepada antisipasi jika terjadi banjir, memang diharapkan tidak terjadi bencana banjir, namun kita tidak tahu akan keadaan alam, dengan curah hujan yang tinggi, bisa saja terjadi banjir,” katanya lewat keterangan Diskominfo landak.

“Maka dari itu, setelah dibahas dengan BPD dan semua perangkat desa sehingga dialokasikan untuk pengadaan perahu ini. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah desa kepada warganya," lanjut Samuel.

 

Samuel berpesan agar perahu yang diserahkan agar dirawat dan dijaga dengan baik, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan sampai ketika tidak ada bencana banjir, perahu-perahu ini tidak dirawat dengan baik dan disimpan dengan sembarangan sehingga rusak.

"Pada saatnya perahu-perahu ini diperlukan, bisa ada di tempat dan stand by dalam kondisi yang baik. Diharapkan kepada Pak Kadus (kepala dusun) untuk merawat dengan baik dan benar, sehingga ketika terjadi banjir, masyarakat dapat tertolong dengan adanya perahu ini untuk evakuasi," ujar Samuel.

Samuel juga menyatakan bahwa pemerintah juga tentu akan membantu jika terjadi bencana banjir dalam hal lain seperti logistik, tempat pengungsian, dapur umum, dan lain sebagainya.

"Kerja sama yang baik antara pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten untuk melayani masyarakat terutama ketika terjadi musibah atau bencana," tukas Samuel.

Ia juga menyampaikan, terkait Kantor Desa Hilir Tengah yang kondisinya dinilai sangat terbatas, akan menjadi perhatian ke depannya untuk ditindaklanjuti secara bertahap. 

"Namun memang kita lebih menekankan kepada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan karena saya pribadi sudah ke semua kecamatan di Kabupaten Landak sehingga tahu persis bahwa banyak jalan dan jembatan yang rusak parah sehingga membutuhkan perbaikan dan memerlukan dana yang cukup besar. Maka dari itu skala prioritas kita lebih diutamakan ke pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan," ungkapanya..

Samuel juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala desa beserta jajaran yang telah membuat program pengadaan perahu yang nantinya digunakan untuk evakuasi jika terjadi bencana banjir.

"Terima kasih kepada Pak Kades dan Pak Camat yang telah memprioritaskan pengadaan perahu ini sebagai sarana untuk evakuasi banjir. Diharapkan perahu ini dapat menjadi aset desa untuk dijaga dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang sehingga dana desa yang ada bisa dialihkan untuk pembangunan-pembangunan desa yang lainnya alih-alih untuk perbaikan perahu yang rusak," tutup Samuel.

Dalam kegiatan tersebut, diketahui sebanyak empat perahu diserahkan ke empat dusun di wilayah Desa Hilir Tengah, yakni Dusun Hilir Tengah 1, Dusun Hilir Tengah 2, Dusun Sri Bernian, dan Dusun Keramat. (*)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda