Landak post authorKiwi 11 Juni 2020

Pemkab Landak Tingkatkan Screening Test Covid-19

Photo of Pemkab Landak Tingkatkan Screening Test Covid-19 net

LANDAK, SP – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa akan memonitor dan meningkatkan screening test terkait temuan kembali 12 kasus positif pasien virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Landak.

"Akan kita tindaklanjuti dengan memonitor ketat kasus konfirmasi positif sambil terus meningkatkan pelacakan dan perluasan screening test. Sebenarnya pasien-pasien ini rata-rata sudah isolasi mandiri sejak dinyatakan reaktif rapid test," kata Karolin, Selasa (9/6).

Kabupaten Landak sebelumnya sempat dinyatakan terbebas dari Covid-19 setelah seluruh pasien positif Covid-19 di kabupaten tersebut dinyatakan sembuh. Namun ternyata ditemukan kembali 12 kasus baru pasien positif Covid-19.

Terkait hal ini, Karolin meminta masyarakat untuk tetap mengikuti aturan protokol kesehatan dari pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saya meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik, serta tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di Landak," pinta Karolin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson mengumumkan tambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 24 orang. Semua kasus baru ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dari 24 kasus itu, 12 orang merupakan warga Kabupaten Landak, enam orang warga Sintang, lima orang warga Melawi, dan satu orang warga Kubu Raya.

 Kluster penularannya di Kabupaten Landak, Sintang dan Kubu Raya merupakan penularan antar penduduk (transmisi lokal) antar satu wilayah tersebut.

Sementara lima tambahan kasus di Kabupaten Melawi merupakan bagian dari kluster yang sama dengan tujuh kasus yang ada sebelumnya. Dengan demikian total kasus konfirmasi di provinsi ini bertambah menjadi 234 kasus.

“Mereka sebenarnya dalam keadaan sehat, tetapi memang hasil laboratorium menunjukkan mereka terkonfirmasi (Covid-19) berdasarkan pemeriksaan dari laboratorium BBTKLPP Jakarta dan laboratorium Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta,” terangnya. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda