Landak post authorKiwi 13 Juni 2020 12,469

Warga Tengon Temukan Senjata Api dan Ribuan Peluru Peninggalan PGRS di Gunung Berambang

Photo of Warga Tengon  Temukan Senjata Api dan Ribuan Peluru Peninggalan  PGRS di Gunung Berambang

Landak, SP- Warga desa Tengon, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak dihebohkan dengan penemuan senjata api, ribuan peluru, Granat dan beberapa barang lainnya di Gunung Berambang pada 30 Mei 2020.

Benda-benda yang diduga milik Pasukan Rakyat Kalimantan Utara (Paraku) -PGRS ini ditemukan salah seorang warga yang bernama Kornelius di gua yang berada di gunung Berambang.

Gua tersebut diduga tempat pasukan Paraku bersembunyi sekitar tahun 1965-1969. Paraku merupakan sayap bersenjata di bawah naungan NKCP (North Kalimantan Communist Party), sebuah partai politik komunis yang berlokasi di Sarawak, Malaysia.

Kepala Desa Tengon, Rudianto membenarkan penemuan tersebut. Kata ia, atas laporan dari Kornelius yang menemukan hal tersebut dia segera mengambil tindakan.

Dirinya bertemu dengan tetua kampung dan bertanya terkait dengan peninggalan tersebut. Selian itu, sebagai kades, Rudianto tidak bisa langsung mengumumkan kepada publik namun ia terlebih dahulu melaporkan kepada pihak TNI-POLRI.

"Kita sudah laporkan ke Kodim 1201/Mempawah. Dan barang-barang nya kita amankan," ujar Kades Rudianto alias Jaka pada Suara Pemred, Sabtu (13/6).

Rudianto menceritakan, awal mulanya penemuan tersebut, ditemukan warganya saat pergi ke kebun yang berada di bawah kaki gunung Berambang, atau yang di kenal gunung Babe' oleh warga setempat.

"Saat itu kornelius di kebunnya dan mendengarkan suara burung berbunyi di atas pondok milik nya, lalu dia ambil senjata untuk intai. Sampai gunung tersebut, dia tembak burungnya ternyata burung itu lari dan membawa dia turun dari akar kayu sekitar 20 meter turun ke bawah. Saat hendak menembak burung, ternyata burungnya lari nah, di gua tersebut dia melihat sesuatu yang aneh, pak Kornelius turun dan melihat ada senjata api, amunisi, mortir dan lain-lain nya. Kemudian pak Kornelius maju lagi dalam gua dia melihat ternyata senjata dan granat semua ada. Dan ini diduga peninggal Paraku," pungkasnya.

Atas penemuan ini, Rudianto sebagai kades mendapatkan Penghargaan dari Kodim 1201/ Mempawah atas partisipasi pelestarian sejarah.

Rudianto berharap, dengan ada penemuan tersebut pemerintah juga memberikan perhatian khusus bagi wilayah Desa Tengon. Terutama daerah yang tidak terpisahkan dari sejarah Indonesia ini.

"Kami berharap pemerintah baik pusat dan daerah bisa memperhatikan daerah kami Tengon, dengan penemuan ini juga bukti bahwa masyarakat pedalaman Kalbar, khususnya Tengon juga ikut membela NKRI hingga sekarang. Semoga ada perhatian dari pemerintah," harapnya. (nar).

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda