Landak post authorKiwi 16 Oktober 2020 36

Rakor DPRD Landak dengan Disdukcapil, Dewan Minta Lakukan Inovasi Pelayanan ke Masyarakat

Photo of Rakor DPRD Landak dengan Disdukcapil, Dewan Minta Lakukan Inovasi Pelayanan ke Masyarakat RAKOR – Anggota Komisi A DPRD Landak saat menggelar rakor bersama Disdukcapil terkait kependudukan. Kalangan dewan meminta pelayanan pembuatan administrasi kependudukan masyarakat tidak dipersulit.

Komisi A DPRD Landak menggelar rapat dengar pendapat membahas  kependudukan bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Landak, Selasa (13/10).

Ketua Komisi A, Cahyatanus menyampaikan dari hasil rapat didapati beberapa kesimpulan dalam rangka menetapkan sistem kependudukan ke masyarakat. Kalangan dewan meminta Disdukcapil melakukan ‘jemput bola’ dan selalu berinovasi agar layanan ke masyarakat lebih cepat. 

"Sesuatu yang mudah kenapa harus dipersulit, itu inti rapat kita pada hari ini," kata Cahyantus.

Menurut Cahyatanus, ia mendapat informasi dari Disdukcapil untuk mendapat akta kelahiran di rumah sakit bisa langsung didapat masyarakat.

"Dengan catatan sudah ada nama, jadi sebelum anak lahir mereka harus sudah menyiapkan nama, ketika sudah lahiran dari rumah sakit anak sudah punya akta kelahiran," ujar Cahyatanus. 

Ia menambahkan bagi mereka yang sudah meningal dunia, Disdukcapil harus segera mengeluarkan nama yang bersangkutan dari kartu keluarga, dengan catatan pihak keluarga membawa surat keterangan meningal.

Kemudian Cahyatanus menambahkan DPRD bersama Disdukcapil sepakat pelayanan masyarakat tetap terus diutamakan dan peralatan administrasi kependudukan yang rusak di enam kecamatan segera diperbaiki atau diganti.

Sementara itu  Kadisdukcapil Landak, Alessius Asnanda mengatakan pihaknya sudah menerapkan layanan online integrasi sampai tingkat kecamatan, desa untuk pembuatan administrasi kependudukan.

“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kabupaten untuk mengurus kependudukan, cukup melalui aplikasi," ucap Alessius.

Ia juga menambahkan masyarakat juga bisa mencetak administrasi kependudukan di wilayahnya masing-masing dengan catatan di wilayahnya punya jaringan internet. Ke depan, Disdukcapil Landak rencana membangun Anjungan Dukcapil Mandiri.

"Adanya Dukcapil Mandiri seperti ATM. Kemarin juga sudah diusulkan ke Dukcapil Kemendagri ada tiga tempat, yaitu Kecamatan Menjalin, Sengah Temila, dan Jelimpo dari titik ujung ke ujung," tutupnya. (srl)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda