Landak post authorBob 16 Juli 2020

Cegah Penularan Covid-19 di Landak, Karolin Kerap Kampanyekan Gerakan Cuci Tangan

Photo of Cegah Penularan Covid-19 di Landak, Karolin Kerap Kampanyekan Gerakan Cuci Tangan Kampanye – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa saat mengkampanyekan cara mencuci tangan kepada warga saat kunjungan ke salah satu wilayah di Landak. Cuci tangan merupakan cara efektif mencegah penularan Covid-19. ist

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia bahkan di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Landak berdampak cukup besar terhadap semua aspek kehidupan, bahkan pola hidup masyarakat.

Covid-19 tidak bisa dianggap remeh, terbukti hingga saat ini virus ini telah menulari sebanyak 13,4 juta orang diseluruh dunia dan membunuh 580 ribu orang. Bukan tidak mungkin angka ini akan terus bertambah.

Pemerintah Indonesia berpedoman pada anjuran organisasi kesehatan dunia  World Health Organization (WHO) tak henti mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak guna mencegah penularan virus mematikan ini.

Mencuci tangan merupakan hal yang mudah harusnya sering dilakukan. Untuk itu, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa di setiap kunjungan kerjanya di kecamatan hingga desa selalu menyempatkan diri mengkampanyekan cara mencuci tangan yang benar ke masyarakat.

"Saya sudah beberapa kali keliling daerah ternyata ada satu hal sederhana yang kita belum bisa walaupun sering kita bicarkan dan lakukan, yaitu cuci tangan. Masih ada juga yang belum paham bagaimana cuci tangan yang benar," kata Karolin, Kamis (16/7).

Bupati berlatar belakang pendidikan kedokteran ini menyampaikan kepada masyarakat pentingnya cara mencuci tangan yang benar saat situasi pandemic Covid-19 sekarang ini. Tak canggung dirinya langsung mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar ketika melakukan kunjungan kerja agar dicontoh masyarakat.

"Saya selalu menyempatkan diri mengkampanyekan cuci tangan yang benar ke masyarakat, karena Covid-19 cuci tangannya sedikit berdeda, jangan pegang-pegang muka kalau tangan belum dicuci. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, tangannya digosok, kemudian punggung tangan, sela-sela jari, terus jempol, ujung jari, buku-buku jari lalu bilas dengan air sampai sabunnya hilang. Kalau begini caranya dijamin semua bersih," terang Karolin.

Karolin menjelaskan mencuci tangan di masa Covid-19 saat ini merupakan salah satu cara pencegahan penularan virus, karena tangan merupakan organ tubuh yang lebih banyak digunakan beraktivitas.

"Tangan ini merupakan organ tubuh yang harus dijaga, karena sering digunakan melakukan aktivitas yang bersentuhan langsung dengan apapun, sehingga harus sering dicuci, untuk itu saya minta masyarakat selalu rajin cuci tangan untuk mengurangi penuralan virus corona," tutup Karolin. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda