Landak post authorKiwi 18 April 2020

Karolin Dukung Sistem Pemeriksaan Keuangan Secara Online

Photo of Karolin Dukung Sistem Pemeriksaan Keuangan Secara Online video conference - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengikuti video conference tentang pemberitahuan pemeriksaan keuangan oleh BPK yang akan dilakukan secara online.

LANDAK, SP – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPK) Kalimantan Barat melakukan perubahan sistem pemeriksaan keuangan daerah akibat pendemi virus corona (Covid-19).

Pemberitahuan tersebut disampaikan Pimpinan BPK Perwakilan Kalimantan Barat kepada seluruh Bupati dan Wali Kota se-Kalimantan Barat melalui video conference, Kamis (16/4).

Jika status darurat Covid-19 terus berlanjut, BPK Perwakilan Kalimantan Barat meminta pemerintah daerah untuk menyampaikan data atau dokumen penjelasan secara online agar proses audit tetap bisa dilakukan. Terkait hal ini kemungkinan diperlukan tenaga Inspektorat untuk melakukan cek fisik di daerah.

Mekanisme audit keuangan yang diajukan BPK didukung oleh Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

"Kami menyambut baik apa yang sudah disampaikan BPK. Kami siap untuk bekerja sama untuk melaksanakan sesuai dengan arahan BPK," ujar Karolin.

Terkait hal teknis nantinya, Karolin menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendukung pelaksanaan audit keuangan nantinya.

"Berkaitan dengan teknis, saya kira nanti bisa dibicarakan lebih detail, tapi apapun, kami siap mendukung apa yang diperlukan BPK untuk melakukan audit keuangan," terang Bupati Landak.

Karolin menilai mekanisme yang diambil BPK sudah tepat. Mengingat situasi darurat saat ini yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.

"Karena menurut prediksi masih belum mencapai puncak, maka langkah antisipasi yang dilakukan BPK menurut saya tepat. Terkait dengan inspektorat, kami siap melaksanakan juga, tinggal menunggu arahan dari BPK. Satu atau dua bulan ke depan belum tentu ini kita bisa kembali dalam kondisi normal," tukas Karolin.

Terkait mekanisme pemeriksaan keuangan ini, Karolin menyarankan BPK agar menyiapkan aplikasi baru agar semakin memudahkan melakukan komunikasi secara online.

"Kalau boleh saran, BPK bisa menyiapkan Aplikasi baru supaya lebih memudahkan kita berkomunikasi secara online. Mana yang diperlukan, seperti apa yang diperlukan, saya kira kami serahkan ke BPK, kami siap mengikuti arahan," ujar Karolin. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda