Landak post authorKiwi 19 Januari 2021 74

Anggota DPR RI Minta Pemerintah Lebih Tanggap Tragedi Bencana di Indonesia

Photo of Anggota DPR RI Minta Pemerintah Lebih Tanggap Tragedi Bencana di Indonesia BANJIR – Banjir yang terjadi di salah satu wilayah di Kabupaten Landak merendam pemukiman warga. Banjir kemungkinan masih akan terjadi seiring cuca buruk yang masih terjadi di Kalbar, termasuk di Kabupaten Landak. ist

Berbagai bencana alam saat ini tengah terjadi di Indonesia. Penanganan cepat terhadap korban yang terdampak bencana harus segera dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial dan instansi terkait.

"Saya menyarankan pemerintah untuk lebih tanggap menyikapi situasi bencana alam yang terjadi saat ini seperti banjir, gempa bumi dan tanah longsor. Tindakan cepatharus segera dilakukan, dan yang terpenting kita harus menangani korban-korban yang banyak akibat bencana tersebut serta sangat memerlukan bantuan, terutama bantuan pangan," kata Anggota Komisi II DPR RI, Cornelis saat meninjau posko penanganan darurat banjir di Kabupaten Landak, kemarin.

Di Landak saat ini sudah ada bantuan peralatan tanggap darurat dari Balai Pelaksana Prasarana Wilayah Kalimantan Barat yang membantu penangananan air bersih dan sanitasi di lokasi terdampak banjir. Cornelis meminta agar instansi lain juga dapat bergerak cepat menurunkan bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak bencana.

"Seperti di Landak ini sudah ada bantuan dari Kementerian PUPR dan Kemeterian Sosial. Instansi yang masih belum berpartisipasi atau belum melaksanakan tugasnya segeralah bantu masyarakat yang terdampak bencana. Apabila mengharapkan kabupaten/kota atau provinsi, anggaran mereka juga terbatas, oleh karena itu pemerintah pusat harus tanggap," terang Cornelis.

Cornelis juga meminta kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi cuaca dengan cepat dan up to date kepada masyarakat. Info BMKG juga sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dilakukan pemeritah terkait penanganan bencana secara cepat.

"BMKG informasikan situasi cuaca karena itu sangat berpengaruh dan menentukan supaya pemerintah dan masyarakat siaga menangani bencana yang akan terjadi. Masyarakat juga harus mengikuti aturan dan anjuran dari pemerintah ketika terjadi bencana," pungkas Cornelis. (lis)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda