Landak post authorBob 20 Oktober 2020

Satpol PP Lakukan Terobosan Inovatif Dukung Ketahanan Pangan

Photo of Satpol PP Lakukan Terobosan Inovatif Dukung Ketahanan Pangan PANEN – Anggota Satpol PP bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) saat panen budidaya ikan lele yang di kolam yang dibuat di lahan sekitar kantor. Ide kreatif ini mendapat apresiasi Bupati Landak, Karolin Margret Natasa. ist

LANDAK, SP -  Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memanfaatkan lahan sekitar kantor dengan membuat kolam budidaya ikan. Ide ini digagas oleh Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kepala Bidang Damkar, Daniel menjelaskan pihaknya sengaja melakukan kegiatan tersebut guna memanfaatkan waktu piket bidang Damkar yang dilaksanakan 24 jam.

“Ide ini berawal saat kita memiliki tugas jaga selama 24 jam yang kita anggap cukup bermanfaat bila ada aktivitas diluar tupoksi kita,” katanya, Senin (19/10).

Kata Daniel, ada sembilan kolam dengan dua ribu benih ikan di setiap kolam. Sedangkan biaya diambil dari sumbangan sebesar 500 ribu per orang.

“Kemudian lama pemeliharaan dari benih hingga siap panen seperti biasa perlu waktu tiga bulan, dan hari ini kita sudah mulai panen meski masih skala kecil,” papar Daniel.

Sementara itu, Kasatpol PP, Wibersono L Djait sangat mendukung yang dilakukan Bidang Damkar karena kegiatan tersebut memberikan manfaat yang baik bagi staf dan masyarakat.

“Meski hal ini diluar Tupoksi kita, tetapi kita juga terus berupaya mendukung program pemerintah,” sebutnya.

Adanya kegiatan ini diharapkan Wibersono mampu memberikan dampak yang baik untuk jajarannya dan masyarakat sekitar.

“Karena mereka (Bidang Damkar) memang sudah ditugaskan membentuk piket jaga 24 jam. Terima kasih kepada Bidang Damkar yang telah memiliki ide tersendiri dalam membantu program pemerintah,” jelas Wibersono.

Sementara terpisah, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Satpol PP yang memiliki gagasan mendukung program ketahanan pangan.

“Mungkin di tempat lain hal ini belum ada, sedangkan kita di Kabupaten Landak terus berusaha mencari ide mendukung program ketahanan pangan, terlebih kita masih pada masa Pandemi Covid-19, banyak hal yang menjadi perhatian kita guna menghadapi masa sulit ini. Tetapi mereka (Satpol PP) sudah berupaya mendukung program ketahanan pangan yang jika dicermati maka hal ini cukup unik tapi inovatif,” ujar Bupati Landak.

Karolin juga berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dapat membuat hal serupa dalam mendukung program ketahanan pangan ini.

“Dalam mendukung program ketahanan pangan ini tidak harus menanam padi, bisa juga beternak, budidaya ikan dan lainnya. Oleh sebab itu jika ada lahan yang berpotensi di masing-masing OPD, silakan dikelola,” pesan Karolin. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda