Landak post authorKiwi 22 April 2020

Karolin Bagikan dan Jelaskan Manfaat Gunakan Masker

Photo of Karolin Bagikan dan Jelaskan Manfaat Gunakan Masker BAGIKAN MASKER – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa membagikan masker kepada masyarakat yang berbelanja di Pasar Tradisional Ngabang, Rabu (22/4).

LANDAK, SP - Untuk menekan penyebaran wabah pandemi Covid-19, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa meminta warganya untuk jujur serta mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Berdasarkan laporan yang masuk ke Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Landak banyak warga yang masih berkeliaran, padahal berdasarkan penelitian, virus tidak menyebar jika manusia yang dihinggapi tidak bergerak aktif,” terang Karolin, Rabu (22/4).

Kalimantan Barat saat ini merupakan transmisi lokal penyebaran wabah Covid-19, sehingga masyarakat diajak untuk menerapkan protokol pencegahan dari Kementerian Kesehatan.

“Secara umum langkah ini sebenarnya sederhana, yakni sedapat mungkin tetap berada di rumah seperti yang disosialisasikan. Apalagi jika warga tersebut dalam keadaan tidak sehat,” ungkap Karolin.

Karolin juga terus mengajak seluruh warganya tidak bepergian keluar dari Kabupaten Landak untuk antisipasi penularan virus.

“Jika tidak penting (masyarakat) tidak perlu keluar. Apalagi situasi saat ini sudah darurat bencana yang berlaku diseluruh negara,” imbaunya.

Apabila warga mengetahui ada warga pendatang dari luar daerah, diminta segera melapor ke petugas di Posko Penanganan Covid-19 yang buka 24 jam.

“Jadi tidak ada alasan tidak melapor, karena dengan cara ini kita tidak sia-sia mendirikan posko bantuan di setiap puskesmas/kecamatan. Kita juga mohon kejujuran warga yang akan masuk ke Landak,” pinta Karolin.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Koordinasi Kabupaten Landak sudah ada 2.104 ODP, 17 OTG,  1 PDP, dan tidak ditemukan kasus positif Covid-19 di Landak. Meski begitu, Karolin tak tinggal diam dalam menyikapi naiknya jumlah ODP di Landak.

“Naiknya jumlah ODP karena banyak warga yang masuk ke Landak, terutama mereka yang bekerja di luar serta pelajar kita yang diliburkan. Warga yang di luar daerah sebaiknya tidak mudik. Sayangi keluarga kita, karena situasi saat ini belum memungkinkan dan kita tidak tahu apakah kita steril dari Covid-19,” imbuh Karolin.

Pada hari yang sama, Karolin juga datang ke Pasar Rakyat Ngabang untuk melihat langsung pengunjung dan para pedagang di sana serta membagikan masker. “Saya mengimbau semua untuk selalu memakai masker,” ujar Karolin.

Karolin membagikan masker kepada pengunjung pasar, terutama pedagang dan karyawan yang masih belum menggunakan masker. Ia juga menjelaskan manfaat menggunakan masker mengingat lokasi pasar sangat rentan menjadi sumber penularan Covid-19.

“Masker ini sangat membantu menghambat penularan penyebaran virus, walau menggunakan masker tidak enak, tetapi untuk kesehatan kita wajib gunakan dan jangan lupa sering mencuci tangan,” imbau Karolin. (ril/jee)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda