Landak post authorBob 24 Desember 2021

Ikhtiar Membantu Para UMKM, Bupati Landak Bangun Pusat Oleh-Oleh Tahun Depan

Photo of Ikhtiar Membantu Para UMKM, Bupati Landak Bangun Pusat Oleh-Oleh Tahun Depan BUKA KERAJINAN TANGAN - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa membuka acara display produk handicraf atau kerajinan tangan melalui Tim Penggerak PKK seluruh kecamatan di Kabupaten Landak dalam rangka menggali potensi UP2K melalui IKM dan UMKM di Kabupaten

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa membuka acara display produk handicraf atau kerajinan tangan melalui Tim Penggerak PKK seluruh kecamatan di Kabupaten Landak dalam rangka menggali potensi UP2K melalui IKM dan UMKM di Kabupaten Landak, Selasa (21/12).

Acara dilaksanakan di Aula Kecil Kantor Bupati Landak dengan dihadiri ketua TP PKK Kabupaten Landak, Kadiskumindag Kabupaten Landak, UMKM Landak, serta seluruh Ketua TP PKK kecamatan se-Kabupaten Landak.

Dalam sambutanya, Karolin menyampikan bahwa sejak masa Pendemi Covid-19 kegiatan-kegiatan PKK memang kurang untuk dilaksanakan, karena masih menghadapi situasi yang belum ada kepastian.

Tetapi masa pandemi Covid-19 yang telah dirasakan semenjak dua tahun terakhir ini, mau tidak mau harus bisa menyesuaikan diri, kegiatan-kegiatan harus mulai berjalan, apa lagi sekarang dengan vaksinasi sudah membantu menurunkan angka kasus, namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Dalam situasi Pandemi Covid-19 kita memulai kegiatan-kegiatan lagi, ada beberapa isu yang memang saya berikan secara khusus dan mohon agar menjadi prioritas bagi Ibu-ibu PKK baik yang berada di kabupaten maupun yang di kecamatan,” katanya.

“Isu yang pertama berkaitan dengan penanganan stunting, karena ini merupakan kegiatan yang menjadi prioritas nasional, maka saya berharap ibu-ibu PKK mulai aktif lagi kemudian membuat kegiatan-kegiatan atau pun program yang sifatnya adalah pemberantasan stunting dan yang paling penting itu kita harus mengetahui apa yang menjadi persoalan dilapangan," ujar Karolin.

Terkait dengan UMKM Bantuan Pemerintah, Karolin menyampaikan bahwa Kabupaten Landak termasuk yang cukup banyak mendapatkan bantuan, yaitu sebanyak 98 ribu orang yang mendapatkan bantuan UMKM, sehingga harus dimanfaatkan secara baik saat Pandemi Covid-19 ini.

"Oleh karena itu di tahun depan kita akan membangun pusat kerajinan dan oleh-oleh Kabupaten Landak yang sumbernya nanti dari kerajinan UMKM Masyaraka Landak, dan pihak kecamatan yang melakukan pembinaan," terang Karolin.

Karolin mengatakan pusat oleh-oleh kerajinan Pemerintah Kabupaten Landak itu nantinya adalah untuk bisnis, untuk  berdagang, supaya yang memproduksi barang itu bisa menjual dagangannya agar bersaingan di pasaran.

Namun, dengan memenuhi kualitas yang baik, mampu bersaing, sehingga mereka mampu menjadikan itu sebagai sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Tantangan kita banyak, yang pertama masih secara tradisional sehingga desain, warna, jenis itu belum menyesuaikan dengan pasar. Kemudian konsistensi, karena kebiasaan kita saat membuat produk hanya sampingan,” katanya.

“Jadi, berkelanjutan itu juga sangat penting, kemudian kualitas produk itu sendiri. Pembicaraan kita yang sebenarnya di PKK itu adalah untuk mendapatkan tambahan-tambahan pengetahuan yang lebih, agar ibu-ibunya semakin berwawasan," pungkas Karolin. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda