Landak post authorKiwi 26 Februari 2021 65

Pemkab Landak Gelar Monev BUMDes di Kecamatan Air Besar

Photo of Pemkab Landak Gelar Monev BUMDes di Kecamatan Air Besar MONITORING – Suasana kegiatan monitoring, evaluasi, dan klasifikasi perkembangan manajemen BUMDes yang berdiri diwilayah Kecamatan Air Besar di Aula Kantor Camat Air Besar, Rabu (24/2/).

LANDAK, SP - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Kelembagaan, dan Kerjasama Desa melakukan kegiatan Monitoring, Evaluasi (Monev), dan Klasifikasi Perkembangan Manajemen BUMDes yang berdiri di Kecamatan Air Besar di Aula Kantor Camat Air Besar, Rabu (24/2).

Kegiatan dibuka Sekcam Air Besar, Ya' Ruba'i dan turut dihadiri Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Dan Inovasi TTG Dinas PMPD Kabupaten Landak, Sutri Sasmita Kusmianti, Tenaga Ahli P3PD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan para Ketua BUMDes beserta pengurus,

Tujuan kegiatan itu untuk melihat perkembangan BUMDes di Kecamatan Air Besar. Dari 16 desa di Kecamatan Air Besar, semuanya telah membentuk BUMDes dengan status perkembangan yang berbeda-beda.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, terdapat satu BUMDes berstatus maju yaitu Bedawat Jaya di Desa Dange Aji, dan dua BUMDes berstatus berkembang yaitu dari Desa Nyari dan Desa Tenguwe.

Sedangkan BUMDes Desa Serimbu berstatus dasar, BUMDes Desa Jambu Tembawang berstatus tumbuh, BUMDes Desa Sepangah berstatus tumbuh, BUMDes Desa Temoyok berstatus tumbuh, BUMDes Desa Engkadik Pade berstatus dasar, dan BUMDes Desa Sempatung berstatus tumbuh, dab tujuh desa lainnya masih dalam proses pengisian kuisioner.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengapresiasi BUMDes yang sudah berstatus maju, namun bupati mengajak agar desa yang lain juga bisa membuat BUMDes menjadi maju.

"Saya mengapresiasi Desa Dange Aji yang BUMDesnya sudah berstatus maju. Saya berharap desa-desa lain juga bisa mencontoh Desa Dange Aji yang mampu menunjukkan kinerja BUMDesnya," terang Karolin.

Dengan adanya BUMDes berstatus maju ini, maka telah tercapai target Kabupaten Landak membentuk satu BUMdes maju di tahun 2021. (ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda