Landak post authorKiwi 26 April 2023

Lomba Kuliner Meriahkan Naik Dango ke-38, Gali Potensi Makanan Khas Dayak Kabupaten Landak

Photo of Lomba Kuliner Meriahkan Naik Dango ke-38, Gali Potensi Makanan Khas Dayak Kabupaten Landak

Landak,SP- Dalam rangka memeriahkan acara Naik Dango yang ke-38, 11 peserta perwakilan masyarakat Landak ikut lomba cipta kuliner makanan khas Dayak kabupaten Landak. Lomba tersebut diselenggarakan di halaman rumah radakng Aya’ Ngabang.

Selaku EO Trendy Event Team Eliza Ekol  mengatakan, kegiatan lomba kuliner makanan khas Dayak Kabupaten Landak ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya melestarikan dan menggali potensi makanan khas dayak daerah Kabupaten Landak.
Eliza menyampaikan, tujuan dari ajang lomba ini dapat kira nya hasil perlombaan cipta kuliner makanan dayak khas Landak ini di paten kan dan di promosikan dan dapat menjadi icon hidangan khas dayak Landak dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa agar menjadi makanan/menu pokok diakui.

"masih banyak potensi makanan dayak khas landak yang belum populer di wilayah landak khususnya untuk menjamu tamu luar yang berkunjung di landak," ucapnya.

"Kuliner sebagai produk budaya harus dilestarikan, Serta menjadi bagian dari potensi dan keanekaragaman jenis makanan khas dayak harus terus diperkenalkan kepada masyarakat Landak," timpalnya.

Kepala Bidang PP-PA (Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak) Sri Rahayu, yang juga dewan Juri Lomba Kuliner Masakan khas Dayak Jaya mengatakan, pada lomba masak ini ada Sembilan kriteria penilaian, dan Point Penting Penilaian yakni cita rasa, kreativitas dan keunikan, serta cara penyajian akhir dari menu yang disajikan atau platting.

 "Cita rasa yang kuat akan menjadi nilai dominan pada penilaian kali ini, kreativitas dalam mengolah makanan juga menjadi prioritas kedua, pokoknya buat yang semenarik dan seunik mungkin," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini Sri Rahayu berharap dapat menjadi pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak dan mengelola cita rasa khas makanan dayak Kabupaten Landak menjadi lebih menarik.

"Saya harap dengan kemampuan mengelola cita rasa khas Kabupaten Landak menjadi lebih menarik dapat memikat masyarakat di luar Kabupaten Landak terhadap wisata kuliner yang ada di Kabupaten Landak," tutupnya.

Kegiatan lomba cipta kuliner makanan khas Dayak kabupaten Landak dibuka oleh Ketua DAD Kabupaten Landak, Heri Saman. Dan untuk diketahui, lomba kuliner ini meliputi lomba kreatifitas kuliner tradisional  khas Dayak Landak Dalam acara ini juga diserahkan sertifikat dari EO Trendy Event Team dan Uang Pembinaan dari Panitia Festival Naik Dango. (Ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda