Landak post authorKiwi 30 November 2020

Lakukan Inovasi Selama Pandemi Covid-19, Guru di Landak Terima Anugerah Guru Berdedikasi

Photo of Lakukan Inovasi Selama Pandemi Covid-19, Guru di Landak Terima Anugerah Guru Berdedikasi GURU BERPRESTASI – Guru berprestasi, Kristinus Erwin dan Sokani (kiri dan kanan) foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Landak, Hery Mulyadi (tengah) usai penganugerahan Guru Berdedikasi tahun 2020.

LANDAK, SP – Dua guru asal Kabupaten Landak menerima Anugerah Guru Berdedikasi tahun 2020. Penghargaan diberikan dari hasil inovasi yang mereka lakukan dalam pendidikan selama pandemi Covid-19.

Kedua guru yang mendapat penghargaan tersebut ialah Kristinus Erwin, guru SMPN 3 Mempawah Hulu, Kecamatan Mempawah Hulu dan Sokani, guru SDN 30 Parek, Kecamatan Air Besar. Penganugerahan diberikan secara virtual di Aula Kantor Bupati Landak, Sabtu (28/11).

Guru SMPN 3 Mempawah Hulu, Kristinus Erwin berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian kepada guru, terlebih para guru di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Landak dan semua pihak yang telah mendukung kami, kita berharap di masa datang pendidikan di Landak semakin maju dengan berbagai inovasi yang ditemukan," ungkap Erwin.

Sementara itu, guru SDN 30 Parek, Sokani membeberkan bahwa yang menjadi indikator dalam penghargaan ini merupakan inovasi yang mereka lakukan sistem pembelajaran luar jaringan atau Luring.

"Sistem Luring yang kita laksanakan yakni dua cara, antara lain siswa mengambil tugas di sekolah pada hari Senin, kemudian selanjutnya hari Rabu dan Kamis kita para guru melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk mengetahui perkembangan mereka dalam belajar,” jelasnya.

Cara tersebut kata Sokani dikamsudkan untuk mengetahui apakah siswa dapat belajar dengan baik meski tanpa tatap muka dengan guru.

“Selain itu, kita juga ingin menggali masalah-masalah yang dihadapi orangtua selama anak-anaknya belajar dari rumah di masa pandemi," jelas Sokani.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sangat mengapresiasi guru yang terus bekerja di tengah pandemi Covid-19 untuk memastikan siswa-siswi tetap mendapatkan pembelajaran.

"Pada kesempatan berbahagia ini saya menyampaikan terima kasih, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada semua guru di pelosok Tanah Air," ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menyadari pandemic Covid-19  membuat tantangan-tantangan baru di banyak sektor, termasuk pendidikan. Dengan berbagai keterbatasan belajar daring, khususnya di daerah yang sulit akses internet, guru-guru dinilainya masih bisa berinovasi dengan cara-cara mengajar lain.

"Berbagai keterbatasan di era pandemi ini, bapak dan ibu guru tetap berkarya dan terus berinovasi melangsungkan kegiatan belajar mengajar, baik secara online maupun harus menemui siswa di rumah mereka," tuturnya.(ril)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda