Melawi post authorBob 02 Agustus 2020 54

Tebar Hewan Kurban Lintas Kecamatan, 750 Paket Kurban Dibagikan

Photo of Tebar Hewan Kurban Lintas Kecamatan, 750 Paket Kurban Dibagikan Foto :ISTSERAHKAN HEWAN KURBAN - Kapolres Melawi menyerahkan hewan kurban pada salah satu pengurus masjid.

NANGA PINOH, SP - Walau harus merayakan Idul Adha di tengah wabah pandemi Covid-19, nuansa hari raya Kurban masih tetap dapat dirasakan masyarakat. Ratusan hewan kurban tersebar di sejumlah masjid, surau hingga kelompok masyarakat.

Pembagian daging kurban pun tak lagi di sekitar masyarakat yang berkurban tapi hingga berbagai kecamatan.

Salah satu yang menggelar kurban adalah jemaah Pejuang Subuh Kabupaten Melawi. Total ada enam ekor sapi dan dua ekor kambing yang dipotong pada Sabtu (1/8) lalu. 

"Hewan kurban ini berasal dari jemaah serta anggota Pejuang Subuh," ujar Ketua Pejuang Subuh, Bambang Setiawan.

Pejuang Subuh sendiri menebar ratusan paket daging kurban ke belasan desa. Sejumlah 750 kantong dibagikan di Kecamatan Belimbing, Nanga Pinoh, Pinoh Selatan, Pinoh Utara hingga Tanah Pinoh.

"Sasarannya mulai dari kaum duafa, mualaf, anak yatim serta pondok pesantren di Kotabaru," paparnya.

Bambang menerangkan pembagian daging kurban menjadi program Pejuang Subuh setiap tahunnya. Pembagian dilakukan pada masyarakat di desa yang tidak tersentuh pembagian daging kurban atau tidak ada hewan kurban.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini, yakni berbagi kebahagiaan. Kita juga membagikan warga atau jamaah di seputaran masjid," ucapnya. 

Polres Bagikan 12 Ekor Sapi

Selain Pejuang Subuh, Jajaran Polres Melawi ikut menggelar kurban di lingkungan Mapolres Melawi. Bahkan ada 12 ekor sapi yang dikurban pada Idul Adha 1441 H. 

Paur Humas Polres Melawi, Bripka Arbain mengungkapkan total ada 12 ekor sapi yang akan dikurbankan. Sapi sapi ini merupakan hasil tabungan selama beberapa bulan anggota Polres Melawi

"Jadi selama 10 bulan remunirasi personil yang akan berkurban dipotong Rp.250.000. Satu kelompok ada 7 orang," katanya.

Secara total dari puluhan personel Polres Melawi berhasil terkumpul dana untuk pembelian 11 ekor sapi. Sedangkan sapi ke 12 adalah sapi dari Kapolres Melawi yang dikhususkan untuk kampung tangguh desa tembawang panjang yang diserahkan ke masjid tembawang panjang.

"Pemotongan hewan kurban ini juga dibagi ke sejumlah masjid diantaranya masjid di Desa Tembawang Panjang, Masjid Mujahidin Desa Pemuar, Masjid Desa Manggala, Masjid Tanjung Tengang, Masjid Desa Tanjung Sari, Surau Baitusalam Desa Tanjung Lay, Pondok Pesantren Bustanul Quran serta Surau Al Hidayah," katanya.

Sementara, lanjut Arbain, ada empat sapi kurban yang dipotong di lingkungan Masjid Shirotul Jannah Polres Melawi. Daging kurban ini kemudian dibagikan pada masyarakat yang berhak.

Dari data PHBI Melawi diketahui ada 81 ekor sapi dan 23 ekor kambing yang dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Data ini sendiri belum mencakup seluruh kabupaten Melawi karena hanya menerima laporan dari pengurus kurban di beberapa masjid maupun surau di Nanga Pinoh, sebagian Belimbing dan Pinoh Utara.

"Semangat berkurban umat muslim di Melawi masih cukup tinggi walau dalam kondisi terdampak Covid-19. Beberapa diantaranya memang sudah mengumpulkan iuran untuk membeli hewan kurban jauh-jauh hari sebelumnya," kata Aimolnija, Ketua PHBI Melawi. (eko/bah)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda