Melawi post authorKiwi 07 Agustus 2020 74

Desa di Melawi Mulai Salurkan BLT Tahap Dua

Photo of Desa di Melawi Mulai Salurkan BLT Tahap Dua PENYALURAN BLT - Penyaluran BLT DD tahap dua dengan nominal Rp300 ribu per KK mulai disalurkan Desa Semadin Lengkong, Kamis (6/8).

NANGA PINOH, SP - Usai tuntasnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) pertama sebanyak tiga tahap, sejumlah desa mulai menyalurkan BLT tahap dua.

Dengan nominal yang berbeda, penyaluran BLT yang ditetapkan sebesar Rp 300 ribu per bulan disalurkan pada masyarakat miskin terdampak Covid-19 dan tak menjadi penerima program pusat.

Salah satu penyaluran BLT Tahap Dua dilakukan Pemerintah Desa Semadin Lengkong Kecamatan Nanga Pinoh. Uang sebesar Rp300 ribu per KK disalurkan kepada 73 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis (6/8).

Kasi Kesra Desa Semadin Lengkong, Oji menerangkan BLT tahap dua nantinya didistribusikan untuk tiga bulan kedepan, mulai dari Juli, Agustus dan September. 

“Hanya jumlahnya tidak sama dengan yang tiga bulan pertama, Rp600 ribu, sekarang hanya Rp300 ribu” jelasnya.

Diungkapkan bahwa penerima BLT masih sama dan didasarkan pada hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdessus).

"Penerima juga diusulkan dari tingkat bawah," katanya.

Sementara itu, Pendamping Desa Nanga Pinoh, Hutapiadi mengungkapkan, wabah Corona yang melanda dunia memang telah menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap perekonomian di masyarakat, termasuk di desa Semadin Lengkong.

Maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam penggunaan Dana Desa.

“Setelah pembagian BLT ini pemerintah juga mendorong desa untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Kegiatan ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi di desa dengan melibatkan banyak tenaga kerja dari masyarakat,” katanya.

Gunakan Sebaik Mungkin

Tokoh Pemuda Melawi, Denny Firmansyah berharap BLT dapat digunakan warga sebaik mungkin.

“Artinya, bantuan itu diperuntukkan untuk pemenuhan kebutuhan pokok, tidak yang lain,” katanya.

Dia berharap penerima BLT DD adalah warga yang memang membutuhkan dan betul-betul terdampak Covid-19. (eko/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda