Melawi post authorBob 09 Juli 2020 98

Longsor Timbun Rumah dan Jalan , BPBD Melawi Data Korban untuk Salurkan Bantuan

Photo of Longsor Timbun Rumah dan Jalan , BPBD Melawi Data Korban untuk Salurkan Bantuan TERTIMBUN LONGSOR - Rumah tertimbun longsor di Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Kamis (9/7). Tak cuma longsor, saat ini akses jalan di ruas Pinoh-Sayan-Kotabaru juga tertutup genangan banjir.

NANGA PINOH, SP - Hujan deras yang terjadi sejak Rabu (8/7) siang menyebabkan bencana longsor di sejumlah titik di kecamatan Sayan. Longsor tak hanya menutupi jalan, namun juga merusak sejumlah perumahan warga.

Kapolsek Sayan, Iptu Oding Ardi mengungkapkan longsor terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dan menyebabkan kerusakan pada lima rumah. 

Beberapa rumah yang rusak yakni milik Ida Rosita di Desa Sayan Jaya, Iin Supardi di Desa Siling Permai, Udi Prayogo, Desa Siling Permai, Jang Pudin Desa Siling Permai serta Askan dari Desa Siling Permai.

"Kerusakan rumah bervariasi, dari rusak berat hingga rusak ringan," katanya.

Oding juga mengungkapkan longsor terjadi di sembilan titik di sepanjang ruas jalan Provinsi Pinoh-Kotabaru mulai dari desa Lingkar Indah, Nanga Sayan hingga Siling Permai 

"Musibah bertambah dengan terjadi banjir yang menggenangi jalur jalan provinsi di tujuh  titik. Akibatnya jalan sementara gak bisa dilewati kendaraan," katanya.

Polsek Sayan, kata Oding, juga sudah berkoordinasi dengan forkopimcam serta kepala desa bersama perusahaan dengan meminjam alat berat untuk menggeser material yang menimbun rumah warga yang terdampak longsor. 

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syafarudin mengungkapkan jajarannya sudah turun langsung ke lokasi untuk melihat dampak bencana longsor dan banjir di Sayan.

"Soal bantuan yang akan disalurkan, kita menunggu tim yang turun ke lapangan apa yang kira-kira dibutuhkan. Karena jajaran BPBD masih mendata di lapangan," paparnya.

Berharap Bantuan Pemerintah

Di Desa Nanga Sayan, khususnya di Dusun Muara Segilik, tanah longsor menyebabkan kerugian bagi warga sekitar walau tidak ada korban jiwa. Didit, warga setempat menerangkan longsor  ini menutupi jalur Sungai Segilik yang menyebabkan meluapnya air sungai dan membanjiri kolam ikan warga sekitar lalu menyebabkan hanyutnya ikan dari kolam ke Sungai Segilik.

“Karena ini musibah, kami sangat bersyukur masih selamat dan untuk ikan kami sudah pasrah. Tanah longsor terjadi sekitar jam 04.00 WIB saat hujan turun dengan derasnya," ungkapnya.

Tanah longsor juga melanda Desa Sayan Jaya Dusun Muara Comat. Tanah menghantam rumah warga sehingga menyebabkan kerusakan parah pada pondasi rumah.

“Ibu saya tinggal sendiri di rumah ini. Saya sangat bersyukur ibu saya tidak kenapa-kenapa. Tanah longsor ini terjadi sekitar habis subuh saat hujan turun dengan derasnya. Kerugian yang kami alami adalah kerusakan rumah dan alat rumah tangga”, ungkap pemilik rumah, Adjerul Adzim.

Sementara Abdul Hadi, Tokoh Masyarakat Sayan yang juga turut membantu proses evakuasi barang dan memindahkan tanah, menyatakan bahwa pihaknya sangat berharap ada bantuan dari pemerintah.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah, karena ini merupakan bencana alam dan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi masyarakat Kecamatan Sayan khususnya desa yang terkena musibah tanah longsor," ungkapnya. (eko/bah)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda