Melawi post authorBob 12 Oktober 2022

Waspada, Potensi Banjir Besar Kembali Berulang, Bupati Melawi Minta Satgas Bersiap Antisipasi Batingsor

Photo of Waspada, Potensi Banjir Besar Kembali Berulang, Bupati Melawi Minta Satgas Bersiap Antisipasi Batingsor CEK LOKASI - Bupati Melawi mengecek kesiapan Satgas dalam antisipasi Batingsor. Ist
MELAWI, SP - Banjir telah mengepung sejumlah wilayah di kabupaten Melawi. Akses menuju Kota Nanga Pinoh pun sudah terendam banjir, termasuk pemukiman dan fasilitas umum di berbagai desa di tepian sungai. 
 
Bupati Melawi, Dadi Sunarya meminta seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, TNI/Polri, dan seluruh stakeholder terkait di kabupaten melawi bersiap menghadapi dan mengantisipasi banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi seperti tahun lalu. 
 
"Melihat dari ramalan cuaca BMKG Nanga Pinoh menggambarkan cuaca di Kabupaten Melawi akan mengalami penguatan curah hujan, dan yang dikhawatirkan akan terjadi banjir besar lagi seperti tahun lalu, " katanya dalam Apel Siaga Batingsor, Selasa (11/10/2022). 
 
Dadi mengatakan upaya pengurangan resiko bencana merupakan hal yang sangat prioritas yakni selalu mengidentifikasi dan meningkatkan peringatan dini kepada seluruh lapisan masyarakat tentang kebencanaan, harus kreatif dan inovatif serta cerdas dalam membangun dan menciptakan budaya keselamatan dan ketahanan di semua tingkatan, serta meminimalisir faktor-faktor penyebab resiko bencana yang dapat menimbulkan kerugian serta memperkuat kesiapsiagaan dan ketangguhan dalam hal penanganan bencana.
 
"Penanganan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak hanya pemerintah saja.  Upaya yang bisa kita lakukan dengan memberikan informasi yang cepat dan tepat kepada seluruh lapisan masyarakat supaya lebih berhati-hati, lebih waspada terhadap kejadian bencana yang akan datang, " katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, usai melakukan pemeriksaan perlengkapan batingsor mengatakan, dalam penanganan Batingsor, Polres Melawi mensiagakan 1 Satuan Setingkat Pleton, unit kendaraan roda 2, roda 4, roda 6, speed boat dan perahu guna mendukung penangangan batingsor.
 
“Kami mengimbau kepada masyarakat yang terdampak langsung banjir agar tetap waspada, utamakan keselamatan diri dan keluarga untuk meminimalisir korban baik materi maupun korban jiwa,” katanya. 
 
Polres pun telah melakukan pengecekan ketinggian air yang menggenangi ruas jalan nasional Sintang-Pinoh. Diantaranya titik yang cukup dalam di bawah Bukit Matok, Desa Pemuar kecamatan Belimbing. 
 
Ketinggian air pada Selasa siang, sekitar 40 cm hingga 50 cm, masih dapat dilalui kendaraan roda 6, roda 4 mau pun roda 2, namun untuk sepeda motor jenis matic agar lebih berhati hati karena dapat menyebabkan motor mogok. Ruas jalan yang terendam juga di wilayah Desa Sidomulyo, dimana ada beberapa titik yang terendam. (eko) 
 
 
 
Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda