Melawi post authorBob 13 November 2022

Perbup Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Terintegrasikan Disosialisasikan

Photo of Perbup Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Terintegrasikan Disosialisasikan Foto bersama dalam rangka sosialisasi Perbup Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting terintegrasi. Wakil Bupati Meminta agar penanganan stunting bisa dilakukan bersama stakeholder terkait. Ist
MELAWI, SP - Sebagai bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Melawi telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 79 Tahun 2022 tentang percepatan penurunan dan pencegahan stunting terintegrasi Kabupaten Melawi. 
 
Sosialisasi regulasi stunting inipun disampaikan pada sejumlah stakeholder serta pihak terkait untuk mendorong implementasi penurunan dan pencegahan stunting di Melawi.

 Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi,  Joko Wahyono, dalam sosialisasi Perbup tersebut di Nanga Pinoh, Kamis (10/11/2022) lalu mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen dan payung hukum Pemerintah Kabupaten Melawi untuk memperkuat kerangka intervensi yang harus dilakukan dan kelembagaan dalam upaya mempercepat penurunan stunting secara konvergen dan terintegrasi.

 “Kegiatan ini sebagai pedoman dalam menyusun rencana kerja tahunan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Melawi,” terangnya.

 Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Kluisen dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi untuk memberikan gambaran atas pijakan hukum sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan penganggaran dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Melawi.

 “Melalui kegiatan ini diharapkan tercipta komitmen dari seluruh pihak dalam menanggulangi permasalahan stunting secara bersama, serta program yang telah dirancang dapat direalisasikan dengan baik dan tepat sasaran,” ungkapnya.

 Kluisen menilai, percepatan penurunan stunting memerlukan langkah-langkah intervensi penurunan stunting yang secara eksplisit yang tertuang dalam peraturan Bupati ini, dimana muatannya sudah mengakomodir sampai pada tingkat desa.

 “Saya berharap melalui kegiatan ini, kita semua dapat mempedomani Perbup Melawi Nomor 79 Tahun 2022 ini dalam melakukan identifikasi masalah dan tantangan yang terjadi secara bersama-sama, untuk merumuskan strategi intregasi dalam perencanaan dan penganggaran stunting yang relevan untuk mendukung percepatan penurunan stunting di Melawi,” katanya.

 Ditambakan Kluisen, percepatan penurunan stunting memerlukan komitmen yang kuat dari semua pihak, dimana kolaborasi kerja berbagai pihak menjadi kunci untuk memastikan konvergensi antar program hingga ke tingkat desa untuk menurunkan stunting. (eko)

 

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda