Melawi post authorKiwi 16 Oktober 2020

Melawi Masih Didera 59 Kasus Positif Covid-19

Photo of Melawi Masih Didera 59 Kasus Positif Covid-19 SWAB - Pelaksanaan swab bagi anggota polisi. Di Melawi, ada beberapa anggota polisi positif Covid-19.

NANGA PINOH, SP - Jumlah kasus positif Covid-19 saat ini terus bertambah. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir mengungkapkan total sudah ada 59 kasus positif. 

Dalam pengumuman Dinkes, Kamis (15/10), Ahmad Jawahir menerangkan kasus baru yang diumumkan mulai dari PCR 036 hingga PCR 059. Sebagian besar merupakan warga Kecamatan Nanga Pinoh. 

"Penambahan ini berdasarkan hasil swab yang dilakukan secara masif beberapa hari terakhir," jelasnya.

Ahmad Jawahir mengatakan saat ini strain atau jenis virus Corona semakin berbahaya. Saat ini beberapa masyarakat yang terkonfirmasi positif menunjukkan gejala ringan dan harus menjalani perawatan.

"Kami mohon masyarakat selalu melakukan protokol kesehatan, pakai masker dan menjaga jarak," pesannya.

Ahmad Jawahir menambahkan saat ini Satuan Tugas Penanganan Covid-19  membentuk Posko Kendali dan Pusat Informasi Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi.

Upaya tersebut dilakukan sebagai pusat kendali untuk pemantauan, pencegahan dan penanggulangan Covid-19 serta memberikan informasi kepada masyarakat atau pun media terkait perkembangan informasi Covid-19.

“Secara nasional dari Gugus Tugas menjadi Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) merupakan penyesuaian yang diterapkan secara nasional berupa kelas-kelas atau istilah yang baru seperti suspek, probable dan seterusnya. Beda dengan yang dulu ada ODP, PDP dan OTG. Informasi ini akan kami sampaikan terus kepada masyarakat,“ katanya.

Dikatakan Ahmad, saat ini setelah adanya kebijakan dari Gubernur, setiap kabupaten/kota sudah diperbolehkan pengadaan alat PCR sendiri, melihat kenyataan hasil PCR yang dikirim ke provinsi cukup lama hingga satu sampai dua bulan baru diketahui hasilnya.

"Dengan ada PCR sendiri dalam waktu satu hari selesai," ujarnya.

Hindari Kerumunan

Warga Melawi, Zakaria meminta warga menghindari kerumunan orang dan tetap terus mematuhi protokol kesehatan.

"Lebih-lebih Melawi sedang musim Pilkada. Hindari keramaian agar terlepas dari Covid-19. Warga juga mesti konsisten menerapkan protokol kesehatan,” katanya. (eko/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda