Melawi post authorKiwi 19 Maret 2021

Menuju WBK WBBM Polres Melawi Berikan Kemudahan Akses bagi Masyarakat

Photo of Menuju WBK WBBM Polres Melawi Berikan Kemudahan Akses bagi Masyarakat FOTO BERSAMA - Kapolres Melawi, Bupati dan jajaran Forkompinda foto bersama usai pencanangan zona integritas, di Aula Tribrata Polres Melawi, Kamis (18/3). SUARA PEMRED/EKO SUSILO

KAPUAS RAYA, SP - Polres Melawi berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat dengan meluncurkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Aula Tribrata Polres Melawi, Kamis (18/3). Sejumlah perbaikan layanan hingga fasilitas pun dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

Komitmen pencanangan pembangunan zona integritas tersebut ditandai dengan penandatanganan pakta integritas oleh Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto bersama Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan berbagai elemen masyarakat dan dirangkaikan dengan pembacaan ikrar deklarasi dipimpin Wakapolres Melawi, Kompol Agus Mulyana.

Kapolres Melawi, Sigit Eliyanto Nurharjanto, dalam sambutannya mengatakan zona integritas ini menjadi tolok ukur Polres Melawi menuju WBK dan WBBM serta pelayanan prima terhadap masyarakat, yang nantinya akan dinilai Kemenpan-RB. Jadi, zona integritas ini sebagai langkah pihaknya memberikan layanan prima kepada masyarakat dan mencegah korupsi di lingkungan kerja Polres Melawi.

“Hal ini juga menjadi pendukung terwujudnya pelayanan publik yang prima sesuai program Kapolri. Di mana hal tersebut telah diatur dalam peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan menuju WBK dan WBBM di lingkungan instansi pemerintah,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, dalam mendukung zona integritas tersebut, pihaknya telah membuat website yang dapat diakses melalui smartphone dan komputer dengan cara mengetik www.polresmelawi.org. Hal itu sebagai bukti komitmen dalam memberikan kemudahan dan media komunikasi kepada masyarakat untuk mengakses informasi pelayanan yang ada di Polres Melawi.

"Pada website tesebut dapat mengakses berbagai informasi, di antaranya pendaftaran SIM, pendaftaran SKCK dan SP2HP  serta berbagai informasi lainnya," jelasnya.

Sigit juga mengatakan bahwa dari internal kepolisian juga dilakukan upaya mengubah pola pikir personel Polres Melawi untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk pembinaan mental serta pengawasan melekat untuk mendorong perubahan kultur personel.

"Dari sisi fasilitas juga dilakukan pembenahan sarana prasarana pelayanan publik pada ruang SKCK dan SIM. Memberikan sarana yang ramah bagi disabilitas serta ramah anak. Termasuk fasilitas bagi ibu menyusui," ujarnya.

Nyatakan Dukungan Penuh

Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY, menyatakan dukungan  penuh atas peluncuran pembangunan zona integritas tersebut, yang merupakan suatu bentuk komitmen dan itikad baik dari jajaran Polres Melawi.

“Kita sangat mendukung penuh. Harapannya, dengan launching pembangunan zona integritas ini akan bisa lebih meningkatkan komitmen pelayanan kepada masyarakat yang lebih prima. Dan yang terpenting adalah pelaksanaannya," katanya.

Begitu pula dengan Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, Porman P Radot yang turut mendukung penerapan zona integritas. Ia menilai, Polres Melawi sudah layak menjadi WBK dan WBBM.  

"Kalau bagi kami yang sudah WBK, Polres justru lebih lengkap. Karena fasilitas di sini jauh lebih baik," tuturnya. (eko/lha)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda