Melawi post authorKiwi 19 Oktober 2020

Angkutan Rangka Jembatan Melawi 2 Tuntas

Photo of Angkutan Rangka Jembatan Melawi 2 Tuntas JEMBATAN MELAWI - Kondisi Jembatan Melawi 2 yang masih berupa struktur pondasi. Pemkab menargetkan penyelesaian jembatan pada tahun depan.

NANGA PINOH, SP - Proyek pembangunan Jembatan Melawi 2 ditargetkan tuntas pada 2021 mendatang. Pengadaan rangka jembatan serta sejumlah kegiatan pendukung lainnya telah dituntaskan pada 2020 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melawi, Makarius Horong belum lama ini mengungkapkan pekerjaan Jembatan Melawi 2 pada tahun ini meliputi pengadaan rangka baja, pemasangan batu serta penimbunan untuk akses keluar masuk jembatan.

"Semua pekerjaan tersebut sudah selesai dikerjakan. Pengadaan rangka juga seluruhnya telah tiba di Melawi, walau kontraknya baru berakhir pada Desember," katanya.

Horong memaparkan pengadaan rangka jembatan memang bisa lebih cepat karena dipesan langsung pada perusahaan yang biasa menangani pembuatan rangka. Setelah seluruh rangka tiba, Pemkab Melawi akan melanjutkan pemasangan rangka pada 2021.

"Kita rencanakan pada 2021 dianggarkan sampai selesai. Artinya sampai jembatan bisa dilalui dan digunakan masyarakat," jelasnya.

Diungkapkan, bila dahulu rencana pinjaman daerah Pemda disetujui, maka pembangunan Jembatan Melawi 2 bisa dibangun sekaligus. Namun karena keterbatasan anggaran sehingga jembatan dibangun bertahap.

"Tahun depan juga mesti kita lelang lagi untuk lanjutan jembatan Melawi 2," jelasnya. 

Terkait dua jembatan lainnya seperti Jembatan Sungai Pinoh 2 di Kotabaru serta Jembatan Keberak di Kecamatan Belimbing, direncanakan menggunakan rangka yang bersumber dari bantuan kementrian pusat. 

"Seperti jembatan Keberak, ada wacana bantuan pusat untuk rangka. Itu sedang kita urus. Begitu pula dari Jembatan Sungai Pinoh juga diusulkan dari pusat, rangkanya," kata Horong.

Ia mengungkapkan untuk Jembatan Keberak, rangka disebut sudah siap tinggal dicek langsung di Kementrian PUPR. Setelah siap, baru kemudian dianggarkan untuk angkutan atau mobilisasi rangka baja.

Dongkrak Kesejahteraan

Warga Melawi, Zakaria berharap pemerintah daerah menggenjot penyelesaian Jembatan Melawi 2 pada tahun mendatang.

“Dengan begitu mobilitas warga meningkat yang nantinya berefek pada perbaikan kualitas kesejahteraan warga Melawi,” katanya. (eko/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda