Melawi post authorKiwi 20 Januari 2021 143

Curah Hujan tinggi, Banyak Ruas Jalan Antar Kecamatan Rusak Parah

Photo of Curah Hujan tinggi, Banyak Ruas Jalan Antar Kecamatan Rusak Parah RUSAK - Kondisi jalan rusak antara Nanga Pinoh menuju Ella Hilir. Perbaikan selama ini mengandalkan CSR perusahaan perkebunan.

NANGA PINOH, SP - Tingginya curah hujan dan tonase kendaraan yang tak berkurang membuat banyak akses jalan antarkecamatan di Melawi rusak berat. Setelah sebelumnya akses jalan Nanga Pinoh ke Kotabaru hingga Sokan yang parah, kondisi jalan menuju Kecamatan Ella-Menukung juga rusak parah.

Warga Melawi, Dedi yang saban hari melintas di jalan Pinoh-Ella mengungkapkan kerusakan jalan terus saja terjadi walau beberapa kali dilakukan perbaikan sepanjang 2020 lalu.

"Kerusakan sejak dari arah desa Semadin Lengkong hingga simpang Sebaju tak jarang membuat truk hingga mobil tangki terjebak di dalam kumbangan lumpur," ujarnya.

Dedi menilai, ruas jalan dari Nanga Pinoh hingga arah Ella dan Menukung tak bisa lagi hanya mengandalkan perbaikan dari perusahaan. Semestinya dilakukan peningkatan jalan sehingga akses transportasi bisa kembali lancar.

"Selama ini perbaikan memang hanya penimbunan tanah. Ini tak efektif mengingat jumlah kendaraan yang melintas sangat tinggi. Tak cuma truk sawit, tapi juga mobil tangki pengangkut BBM yang jumlahnya tak sedikit setiap harinya," katanya. 

Ditambah lagi, kata Dedi dengan kondisi curah hujan yang masih tinggi di awal 2021, membuat kondisi jalan kerap berlumpur dan menyulitkan pengguna jalan yang melintas.

"Mesti dilakukan pengaspalan lanjutan seperti yang dilakukan di ruas Pinoh hingga Sayan karena beban jalan tak mampu lagi sesuai dengan tonase kendaraan yang melintas," harapnya.

Terpisah, Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya sudah meninjau ruas jalan yang rusak di Melawi. Mulai dari jalan provinsi penghubung Nanga Pinoh-Kotabaru hingga akses jalan Pinoh-Ella-Menukung.

"Untuk di ruas Sayan-Kotabaru, perbaikan jalan sudah mulai berjalan. PT  Adau dan PT Palma yang bantu lewat CSR," katanya.

Bupati Melawi terpilih ini juga menerangkan perbaikan juga akan dilakukan di ruas Pinoh-Ella Menukung. Ada tiga perusahaan perkebunan yakni PT Citra Mahkota, PT SMS dan PT BPK yang direncanakan akan terlibat. 

"Mereka masih mempersiapkan alat dan material. Perbaikan jalan menggunakan CSR perusahaan," katanya. (eko)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda