Melawi post authorKiwi 22 Mei 2020 37

Rekomendasi LKPJ, DPRD Minta Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah

Photo of Rekomendasi LKPJ, DPRD Minta Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah Kantor DPRD Melawi

NANGA PINOH, SP - DPRD Melawi kembali menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemkab Melawi Akhir Tahun 2019, Rabu (20/5). Dalam rekomendasi ini dipaparkan sejumlah evaluasi terhadap berbagai program dan kegiatan di sejumlah SKPD.

Dipimpin Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, pelaksanaan rapat paripurna ini dilaksanakan secara terbuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Rapat Paripurna juga diikuti anggota dewan melalui aplikasi zoom. Sedangkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti rapat paripurna melalui jalur online di unit kerjanya masing-masing.

Ketua Pansus LKPJ 2019, Edysun Bundajono saat membacakan hasil catatan rekomendasi di antaranya meminta Bupati Melawi untuk melakukan terobosan baru dalam peningkatan PAD dari berbagai sektor.

Rekomendasi lain, mendata sekolah yang masih kekurangan tenaga guru, yang mengakibatkan mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia menjadi lemah.

Tak hanya itu, DPRD juga merekomendasikan pemberdayaan UKM di Melawi. Di sisi lain, DPRD meminta dilakukan evaluasi terhadap program dan kegiatan SKPD yang dinilai belum berjalan maksimal pada 2019 lalu.

"Rekomendasi lainnya yang menjadi perhatian pemerintah setempat adalah pemanfaatan Dana Desa mesti tepat sasaran," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji menerangkan bahwa catatan rekomendasi strategis dari DPRD Melawi akan dijadikan pertimbangan sebagai acuan kinerja tahun anggaran berikutnya.

"Sangat disadari ada beberapa capaian kinerja yang belum maksimal. Atas rekomendasi LKPJ Pemkab Melawi akhir tahun anggaran 2019 kami menyambut baik atas rekomendasi. Ini menjadi bentuk catatan perbaikan pemerintahan ke depan, menjadi tuntutan dan panduan untuk perbaikan kinerja ke depan untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat dan peningkatan pembangunan ke depan," katanya.

Panji juga berharap dukungan legislatif dan masyarakat Melawi untuk melawan wabah Covid-19 yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

"Selamat menyambut Idul Fitri. Permohonan maaf setulus-tulusnya bila dalam perjalanan pemerintahan kami masih banyak kekurangan dan kelemahan walau kami sudah mengupayakan semaksimal mungkin," katanya. (eko/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda