Melawi post authorKiwi 21 September 2020

Hadiri Pelantikan PGID Melawi, Panji : Pimpinan Gereja Juga Pemimpin Masyarakat

Photo of Hadiri Pelantikan PGID Melawi, Panji : Pimpinan Gereja Juga Pemimpin Masyarakat

Nanga Pinoh, SP - Pimpinan Gereja tak hanya berperan membina umat dalam skala kecil, tapi disisi lain pemimpin gereja seperti pendeta memiliki peran yang luas untuk membina masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Melawi, Panji saat menghadiri pelantikan pengurus Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Daerah (PGID) Kabupaten Melawi masa bakti 2020-2025 di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Nanga Pinoh, Senin (21/9).

"Peran tokoh atau pimpinan gerakan yang tergabung di PGID Melawi sangat strategis," ujarnya.

Panji melanjutkan, pimpinan lembaga gereja sebetulnya juga adalah pimpinan masyarakat. Karena tujuannya juga berorientasi pada pembinaan dan edukasi pada masyarakat.

Para pemuka agama termasuk pimpinan gereja tak sekedar meningkatkan iman pada Tuhan, tapi juga bagaimana menciptakan situasi yang aman, tenteram dan damai bagi masyarakat.

"Edukasi terus diberikan ke umat agar bisa menjalani kehidupan ini sesuai dengan Alkitab dan juga menjaga etika hidup dalam masyarakat," katanya.

Panji turut berharap komunikasi PGID dengan pemerintah daerah dapat terus ditingkatkan. Serta terus membangun sinergitas yang intens, khususnya dalam kaitan pembinaan umat dan masyarakat.

"PGID Melawi adalah representasi dari gereja - gereja dari berbagai denominasi/aliran gereja. Dan manakala ada hal-hal yang hendak didiskusikan terkait gereja, maka yang diketahui untuk dihubungi pemerintah adalah PGID," katanya.

Sementara itu ketua Majelis Pekerja Harian PGID Melawi periode 2020-2025 yang baru dilantik, Pdt Wono menyampaikan, pihaknya siap bekerja dan menjalankan tugas sebagai pengurus PGID Melawi. Termasuk menjalin komunikasi bersama pemerintah daerah.

"Atas nama pribadi dan lembaga PGID saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bupati atas kehadiran bapak," katanya. (eko)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda