Melawi post authorKiwi 23 Januari 2021

Dadi-Kluisen Ditetapkan sebagai Paslon Terpilih Pilkada Melawi 2020

Photo of Dadi-Kluisen Ditetapkan sebagai Paslon Terpilih Pilkada Melawi 2020 SERAHKAN SK - Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo menyerahkan SK penetapan Paslon Terpilih Hasil Pilkada Melawi.

NANGA PINOH, SP - KPU Melawi menetapkan Dadi Sunarya-Kluisen sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil Pilkada Melawi, Jumat (22/1) di Nanga Pinoh.

Penetapan dilakukan setelah KPU Melawi menerima surat dinas dari KPU RI tentang penetapan Paslon terpilih.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo dalam pleno terbuka penetapan Paslon terpilih mengatakan setelah KPU kabupaten/kota menerima surat dari KPU RI serta surat dari Mahkamah Konstitusi terkait Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK), maka KPU wajib menindaklanjuti paling lambat lima hari setelah menerima surat tersebut. 

"Surat KPU RI dan pemberitahuan BRPK dari MK telah disampaikan pada 20 Januari. Dalam Pilkada Melawi juga tidak ada Paslon yang menggugat hasil pemilihan ke MK sehingga KPU menindaklanjuti dengan menetapkan Paslon terpilih," jelasnya.

Dadi-Kluisen ditetapkan sebagai paslon terpilih usai meraih suara terbanyak Pilkada Melawi 2020. Pasangan yang diusung enam parpol ini meraih 56.695 suara atau 43,6 persen.

Usai penetapan Paslon terpilih, pelantikan bupati dan wakil bupati Melawi dijadwalkan digelar pada 17 Februari mendatang. Dedi menuturkan, KPU juga akan menyampaikan hasil penetapan Paslon terpilih ke DPRD Melawi dimana nantinya lembaga tersebut akan menyampaikan usulan pengajuan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih

"Kami sampaikan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Melawi atas partisipasi menyukseskan pemilihan serentak lanjutan di Melawi sehingga berjalan baik aman dan lancar," katanya.

Dedi juga menyampaikan partisipasi pemilih dalam Pilkada Melawi bahkan secara persentase melampaui target nasional . 

"Dari tujuh kabupaten di Kalbar yang menyelenggarakan Pilkada di masa pandemi, kita mampu mendapatkan partisipasi pemilih melampaui target nasional, dengan capaian 85,90 persen. Capaian ini tertinggi di Kalbar untuk penyelenggara Pilkada serentak," ungkapnya.

Kejutan 100 Hari Pertama

Bupati Melawi terpilih, Dadi Sunarya usai menghadiri pleno KPU mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama bersinergi membangun Kabupaten Melawi. 

"Pilkada telah selesai, tidak ada lagi nomor satu, dua atau tiga. Mari bersama bergandengan tangan membangun  Melawi yang kita cintai," ajaknya.

Ia berharap dukungan dari seluruh masyarakat. Dadi mengatakan akan ada kejutan terkait dengan program 100 hari pertama bekerja setelah nantinya dilantik. 

Pleno penetapan paslon terpilih ini selain dihadiri Paslon terpilih, juga dihadiri jajaran Bawaslu, Ketua DPRD, Kapolres dan Lo Kodim serta perwakilan parpol. (eko)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda