Melawi post authorAdmin 22 Maret 2020

Dedi: Jaga Integritas, Pedomani Aturan dan Regulasi, Pelantikan 507 Panitia Pemungutan Suara,

Photo of Dedi: Jaga Integritas, Pedomani Aturan dan Regulasi, Pelantikan 507 Panitia Pemungutan Suara, PELANTIKAN – Suasana pelantikan PPS yang digelar disalah satu kecamatan di Melawi. Ist

Sejumlah 507 Panitia Pemungutan suara (PPS) yang tersebar di 169 desa di Kabupaten Melawi dilantik serentak pada Minggu (22/3) di masing-masing kecamatan. Para anggota PPS ini menjadi penyelenggara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati di tingkat desa.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo mengungkapkan pelantikan digelar di masing-masing kecamatan oleh ketua PPK atas nama Ketua KPU Melawi. Ada sejumlah poin yang ditekankan untuk anggota PPS yang dilantik, utamanya dalam menjaga integritas dan profesionalitas penyelenggara Pemilu.

"Pesan untuk PPS yang sudah dilantik agar selalu menjaga integritas, netralitas dan profesional dalam bertugas sebagai penyelenggara pemilihan. Pahami tugas, wewenang, kewajiban PPS sesuai yang termuat dalam PKPU 3 tahun 2015, tentang Tata Kerja dan Pembentukan PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan), PPS dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang terdapat dalam pasal 12 sampai 14," ujarnya.  

Selain itu, lanjut Dedi, dalam bertugas atau bekerja sebagai penyelenggara, PPS diminta pedomani semua aturan dalam regulasi terkait pemilihan dan sering-sering membaca pakta integritas yang sudah anggota PPs ucapkan dan tandatangani.

"Jika kita bekerja dan bertugas sesuai aturan yang ada, tidak ada siapa pun yang bisa mengintervensi tugas kita dalam menyukseskan pemilihan bupati dan wakil bupati Melawi tahun 2020, karena kita sebagai penyelenggara dilindungi Undang-Undang," katanya.

Dedi juga mengingatkan, jika ada yg mengajak berbuat tidak sesuai aturan langsung dilaporkan pada yang berwenang dan ditolak, karena bila dilakukan, sanksinya sampai pada ranah pidana.

"Apalagi dilakukan oleh penyelenggara dapat berujung sanksi  berupa kode etik, kode perilaku, bahkan juga sanksi pidana," katanya.

Dedi turut berperan agar PPS selalu berkoordinasi dengan semua pihak di tingkat desa untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Melawi 2020. 

Pelantikan PPS sendiri di Melawi tetap berlangsung di tengah wabah Covid-19. Dedi menerangkan kegiatan tetap berjalan sesuai jadwal mengingat persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan kasus Corona di Melawi belum parah. 

"Hanya tetap diimbau ke PPK, untuk melaksanakan prosesi pelantikan saja tanpa adanya kegiatan lain. Disarankan juga menjaga jarak, memakai masker dan tidak melakukan salaman," pungkasnya. (eko/bah)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda