Melawi post authorKiwi 23 September 2020 53

Pemkab Dibantu PMI, TNI dan Polri Bersihkan Sampah Pasca-Banjir

Photo of Pemkab Dibantu PMI, TNI dan Polri Bersihkan Sampah Pasca-Banjir BERSIHKAN SAMPAH - Petugas kebersihan dibantu PMI serta kepolisian dan TNI membersihkan sampah yang masih menumpuk pasca banjir Melawi, kemarin.

NANGA PINOH, SP - Banjir tak cuma menyebabkan banyak rumah terendam hingga transportasi lumpuh, namun juga berdampak pada tumpukan sampah di sejumlah titik. Hal ini terlihat pasca-banjir surut, sampah berbagai jenis terlihat berserakan di sejumlah sudut jalan, pemukiman hingga pasar.

Petugas kebersihan pun bekerja keras membersihkan tumpukan sampah yang tentunya sangat mengganggu pemandangan ini. Apalagi sampah tidak hanya berasal dari rumah tangga, tapi juga beberapa di antaranya terbawa arus banjir.

"Empat hari ini pascabanjir surut, petugas kami bekerja keras untuk membersihkan sampah yang ada di berbagai titik serta mengangkut sampah ke TPA," kata Junaidi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melawi, kemarin.

Ia mengatakan memang perlu waktu berhari-hari untuk mengangkut sampah yang hampir terdapat di tiap sudut pemukiman dan jalan. Apalagi pasukan oranye yang ada juga jumlahnya terbatas.

"Kami mohon maaf bila dalam beberapa hari ini masih ada sampah yang belum tertangani. Karena mengingat volume sampah yang begitu banyak di Kota Nanga Pinoh ini. Petugas kebersihan berupaya maksimal bahkan bekerja sejak subuh agar sampah bisa segera terangkut," katanya. 

PMI pun ikut turun membantu membersihkan salah satu sudut Kota Juang Nanga Pinoh ini, di antaranya di kawasan Pasar Kota Nanga Pinoh, Selasa (22/9).

Nurbetty Eka Mulyastri selaku Ketua PMI Melawi mengatakan, sejak awal banjir melanda, PMI Melawi sudah membantu warga yang terdampak banjir. Selain PMI, jajaran TNI dan Polri juga ikut membantu membersihkan kota dari sampah.

“Kita turun dari awal terjadinya bencana banjir di kabupaten Melawi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Serta memberikan pelayanan psikososial atau support bagi anak-anak yang trauma akibat banjir," ujarnya

Dikatakan wanita yang biasa disapa Astri Panji ini, aksi bersih-bersih juga dilakukan di Pasar Nanga Pinoh yang terdampak banjir. Tidak sampai di situ, lokasi lain seperti sekolah- sekolah juga dilakukan disterilisasi.

“Sterilisai dilakukan agar kuman dan bakteri yang terbawa arus banjir tidak mengontaminasi penghuni tempat itu," jelasnya. 

Panji Apresiasi

Bupati Melawi, Panji memberikan apresiasi terhadap jajaran petugas kebersihan yang beberapa hari terakhir bekerja keras membersihkan sampah pasca banjir besar. 

"Petugas kebersihan telah bekerja tanpa kenal lelah, siang dan malam membersihkan sampah yang memang luar biasa banyaknya," katanya.

Panji menilai kinerja para petugas ini luar biasa. Karena mengingat jumlah petugas yang tidak banyak dan armada yang terbatas, tapi harus membersihkan sampah dalam Kota Nanga Pinoh. (eko/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda