Melawi post authorKiwi 23 September 2021

Program Vaksinasi Merdeka Sasar Sekolah

Photo of Program Vaksinasi Merdeka Sasar Sekolah VAKSINASI – Kegiatan vaksinasi merdeka serentak yang digelar di SMAN 1 Belimbing, Rabu (22/9). IST

KAPUA RAYA, SP - 300 siswa SMA Negeri 1 Belimbing Kabupaten Melawi menerima vaksinasi covid-19 dosis pertama melalui program vaksinasi merdeka yang digelar Polres Melawi, Rabu (22/9). Vaksinasi digelar langsung di sekolah tersebut.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, saat meninjau vaksinasi pelajar di SMA Negeri 1 Belimbing mengatakan bahwa vaksinasi yang digelar Polres Melawi khusus kali ini diberikan bagi pelajar di Kabupaten Melawi.

"Salah satunya yang digelar di SMAN 1 Belimbing saat ini. Rencana nanti juga akan digelar di sekolah lainnya," paparnya.

Sigit mengatakan, vaksinasi bagi pelajar sesuai dengan program pemerintah pusat yang kini memberikan vaksin covid-19 bagi remaja berusia 12-17 tahun. Tujuannya agar proses belajar mengajar dengan tatap muka yang mulai berjalan dapat berlangsung dengan lancar.

"Dan terhindar dari klaster baru karena proses belajar mengajar," harapnya.

Menurut Sigit, vaksinasi merdeka sebenarnya digelar juga untuk masyarakat umum, seperti yang saat bersamaan digelar di Polsek Nanga Pinoh. Namun untuk vaksin yang dialokasikan oleh Polri, diberikan khusus untuk pelajar.

"Kita khususkan untuk pelajar, karena untuk gurunya sudah mendapatkan vaksinasi," katanya.

Kabag Ops Polres Melawi, AKP Aang Permana, menambahkan bahwa di SMAN 1 Belimbing disiapkan 300 dosis vaksin. Rencananya akan ada lima sekolah yang menjadi sasaran vaksinasi khusus pelajar. Pelaksanaan vaksinasi tetap bekerja sama dengan Pemkab Melawi.

"Total kita siapkan 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac khusus pelajar," tuturnya.

Perkuat Imunitas dalam PTM

Kepala SMAN 1 Belimbing, Nia Daniati, mengapresiasi program vaksinasi merdeka yang menyasar pada siswa di sekolahnya. Hal ini dinilai sangat penting dalam upaya mencegah penyebaran covid-19 sekaligus memperkuat imunitas tubuh pelajar, yang kini juga telah mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sejak 21 Agustus lalu.

"Pihak sekolah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polres Melawi atas pelaksanaan vaksin yang dilakukan di SMAN 1 Belimbing," ucapnya.

Nia mengatakan, dari kegiatan vaksinasi ini diharapkan bisa terbentuk kekebalan kelompok di lingkungan sekolah. Ia juga berharap dukungan dari berbagai pihak agar vaksinasi bisa berjalan lancar. Apalagi vaksin yang diberikan juga gratis.

"Ke depan pihak sekolah juga berharap Kapolres Melawi bisa kembali memfasilitasi agar pelaksanaan vaksin khusus pelajar berjalan dengan baik dan terakomodir, seperti hari ini. Mengingat ada siswa yang belum mendapatkan vaksinasi," ungkapnya. (eko/lha)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda