Melawi post authorKiwi 24 September 2020 118

Pemkab Melawi Tunggu Kepastian Bantuan Rangka Jembatan dari Pusat

Photo of Pemkab Melawi Tunggu Kepastian Bantuan Rangka Jembatan dari Pusat TINJAU JEMBATAN - Bupati Melawi, Panji saat meninjau pembangunan jembatan Pinoh 2 di Kotabaru, beberapa waktu lalu.

NANGA PINOH, SP - Bupati Melawi, Panji memberikan jawaban terkait soal pembangunan sejumlah infrastruktur yang tidak masuk dalam APBD Melawi Tahun Anggaran 2021.

Salah satunya soal tidak adanya anggaran untuk lanjutan pembangunan Jembatan Sungai Pinoh 2 yang dipertanyakan Fraksi Gerindra dalam Pandangan Umum Fraksi DPRD Melawi, beberapa waktu lalu.

"Terkait pembangunan Jembatan Sungai Pinoh 2 tersebut belum ada keputusan dari Kementerian PUPR terkait realisasi pengadaan rangka baja melalui APBN. Sementara pekerjaan yang semestinya akan dianggarkan dalam APBD 2021 sesungguhnya merupakan pekerjaan lanjutan," ujar Panji saat menyampaikan Jawaban Pemerintah di Pandangan Umum Fraksi DPRD Melawi atas Raperda APBD 2021 di DPRD Melawi, Selasa (22/9) sore .

Dikatakan Panji, hingga pabrikasi penyediaan rangka baja Sungai Pinoh 2 sudah dipastikan dari pusat maka anggaran angkutan, pemasangan, penambahan gerder, barau kedua ujung jembatan akan dianggarkan dalam satu mata anggaran atau ditender sekaligus dengan mempedomani aturan yang berlaku.

"Bila hingga 2021 tidak ada juga realisasi pengadaan rangka jembatan Sungai Pinoh 2 melalui APBN, maka total anggaran pembangunan jembatan Pinoh 2 akan kami ambil alih lewat APBD berikutnya dari pengadaan rangka sampai selesai seperti yang dilakukan pada jembatan Melawi 2," janjinya.

Panji juga menerangkan untuk ruas jalan Ella Hilir dan Menukung memang tidak teranggarkan lewat APBD 2021 karena keterbatasan anggaran. Hanya Pemkab sudah mengupayakan agar ruas jalan ini bisa mendapatkan alokasi DAK APBN atau dari pusat.

"Tahun ini ruas tersebut semula dianggarkan lewat DAK reguler sebesar Rp13 miliar. Namun karena pandemi Covid-19, dana tersebut ditarik pusat dan 2021 kembali diajukan Pemkab Melawi melalui DAK ke pemerintah pusat," jelasnya. (eko/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda