Melawi post authorKiwi 26 Februari 2021 52

Kapolres Pimpin Simulasi Penanganan Kebakaran Antisipasi Karhutla

Photo of Kapolres Pimpin Simulasi Penanganan Kebakaran Antisipasi Karhutla SIMULASI – Polres Melawi menggelar simulasi penanganan karhutla bersama peleton siaga api PT SDK. IST

KAPUAS RAYA, SP - Kapolres Melawi, AKBP Sigit Elianto Nurharjanto, memimpin kegiatan simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di PT SDK 1 Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing, kemarin.

Simulasi tersebut melibatkan jajaran Polres Melawi serta anggota pleton Siaga Api PT SDK 1  Batu Buil.

Dalam kegiatan tersebut, Sigit melakukan pengecekan terhadap sarana prasarana pemadaman yang dimiliki oleh  PT SDK 1 Batu Buil serta kesiapan peleton Siaga Api PT SDK dan dilakukan simulasi pemadaman api oleh personel Polres Melawi dan Siaga Api PT SDK 1 Batu Buil.

“Apel dan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Diharapkan dengan simulasi ini penanggulanganan karhutla bisa ditangani secara proporsional dan profesional," katanya.

Sigit mengatakan, harus dilakukan upaya-upaya pencegahan sedini mungkin dan untuk penanggulanganan karhutla ini harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah.

“Bhabinkamtibmas jangan lelah dan harus tetap semangat untuk melakukan himbauan-himbauan kepada masyarakat, lakukan patroli agar kebakaran hutan tidak terjadi," ujarnya.

Walau kasus karhutla belum banyak terjadi, sejumlah titik api sempat terpantau di wilayah Melawi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Syafaruddin, mengungkapkan hotspot sempat terdeteksi pada Selasa lalu dua titik di kecamatan Nanga Pinoh dan empat titik di Kecamatan Pinoh Utara.

“Untuk mengantisipasi timbulnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), BPBD terus menghimbau warga untuk tetap waspada," ucapnya. 

Pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menjaga agar jangan sampai terjadi karhutla di Kabupaten Melawi. (eko/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda