Melawi post authorKiwi 26 Juni 2020

Pemerintah Desa Tanjung Tengang  Bantu Keluarga Positif Covid-19

Photo of Pemerintah Desa Tanjung Tengang  Bantu Keluarga Positif Covid-19 PENYERAHAN BANTUAN - Penyerahan bantuan yang diserahkan Camat Pinoh pada perwakilan tetangga warga positif Covid-19 di Desa Tanjung Tengang, Kamis (25/6)

NANGA PINOH, SP - Pemerintah Desa Tanjung Tengang, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi ikut membantu warganya yang dinyatakan positif Covid-19. Bantuan berupa sembako diberikan untuk membantu keluarga warga yang positif menjalani proses isolasi mandiri.

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Camat Nanga Pinoh, Sonten didampingi oleh Penjabat Kades Tanjung Tengang, Nikodemus, serta aparatur desa, Kamis (25/6) pagi.

Penyaluran dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Untuk menghindari kontak langsung, penyerahan bantuan diwakilkan oleh tetangga pasien.

Pj Kades Tanjung Tengang, Nikodemus mengungkapkan, bantuan yang diberikan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa kepada warganya. Menurut Niko, hal ini juga sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pemerintah.

“Sedangkan kepada keluarga pasien, kami dari pemerintah desa sangat berharap agar mereka tidak keluar rumah, makanya pemerintah desa memberikan sembako kepada mereka agar tidak keluar rumah untuk menghindari penyebaran virus tersebut kepada tetangga yang lain,” kata Nikodemus.

Dia mengungkapkan, bantuan tersebut diharapkan bisa dipergunakan selama masa karantina dan menunggu hasil swab keluarga keluar. Maka dari itu, selama masa penantian ini diharapkan keluarga pasien berada di rumah saja.

“Kita mohon maaf kepada pihak keluarga, bukan berarti kita mengucilkan, namun ini sebagai antisipasi atau mencegah penyebaran virus Covid-19 ini, makanya kita berikan bantuan sembako. Kalaupun nanti keluarga memerlukan sesuatu bisa menghubungi tetangga agar dilayani,” katanya.

Camat Nanga Pinoh, Sonten menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa. Sonten mengatakan bahwa pihaknya juga sudah mendapatkan informasi pasien ini dari Dinas Kesehatan agar diambil langkah-langkah penanganan, terutama menyangkut masalah bantuan.

“Kemudian kita sampaikan ke desa agar keluarga yang terkonfirmasi positif ini bisa mengisolasi diri secara mandiri. Sedangkan yang sudah positif, mereka diisolasi di posko yang sudah disiapkan oleh pemerintah di Kenual sana,” paparnya.

Sonten juga berharap apa yang telah dilakukan Desa Tanjung Tengang bisa dicontoh dan diterapkan oleh desa lain, mengingat hampir seluruh kasus konfirmasi positif Covid-19 terjadi di Kecamatan Nanga Pinoh. Dirinya juga menyarankan masyarakat sekitar bisa ikut membantu dan memberikan dukungan.

"Jangan dikucilkan pasien atau keluarga positif Covid-19. Kita saling membantu dan mendukung," katanya.

Selain memberikan bantuan paket sembako, pemerintah desa juga melakukan penyemprotan disinfektan di kediaman pasien, kemudian di rumah tetangga. Sejumlah tempat yang menjadi kegiatan pasien terkonfirmasi positif juga disemprot seperti musala dan masjid. (eko/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda