Melawi post authorBob 26 Oktober 2020

Tangani Ruas Jalan Rusak Pinoh-Ella, Pemkab Libatkan Perusahaan

Photo of Tangani Ruas Jalan Rusak Pinoh-Ella, Pemkab Libatkan Perusahaan TUMBANG - Kerusakan jalan di Jalur Pinoh-Ella tak jarang menyebabkan truk tumbang. Perbaikan direncanakan mulai Senin ini bersama perusahaan dan pemerintah.

NANGA PINOH, SP - Kerusakan jalan di ruas Pinoh - Ella semakin parah. Pemkab Melawi bersama perusahaan akan kembali bergotong-royong memperbaiki jalan yang menjadi penghubung utama Nanga Pinoh dengan Kecamatan Ella Hilir dan Menukung ini.

Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan (Dispanbun) Melawi, Daniel menerangkan kesepakatan bersama perbaikan jalan tersebut  dibahas dalam rapat bersama antara Pemkab dan perusahaan di Kantor Bupati Melawi, Jumat (23/10) lalu.

"Disepakati agar perusahaan bersama pemerintah akan bergerak bersama untuk menangani sejumlah ruas di Jalan Pinoh - Ella yang rusak parah," katanya, kemarin.

Daniel melanjutkan, rapat yang dipimpin Sekda Melawi, Paulus ini memutuskan bahwa perbaikan bersama perusahaan akan dilakukan mulai Senin pekan ini. Nantinya masing-masing perusahaan diharapkan ikut berkontribusi untuk menangani titik-titik jalan yang kerap membuat truk terbalik.

"Jalan itu rusak lagi karena banjir dan juga ada lokasi baru yang dulu tidak diperbaiki. Rusak juga karena tonase kendaraan yang over kapasitas," jelasnya.

Dikatakan Daniel, semua perusahaan diimbau menangani. Terkait perusahaan mana yang terlibat, Daniel mengatakan telah mengundang sejumlah perusahan yang beraktivitas di wilayah Ella Hilir dan Menukung.  

"Rencananya ada empat perusahaan menyiapkan dump truk masing-masing lima unit, dan tiga unit truk puso oleh perusahaan angkutan batu CV Surya Berkah. Perusahaan perkebunan yang terlibat di antaranya PT SMS, Citra Mahkota dan BPK. Pihak Pemkab menyiapkan alat beratnya," katanya.

Sementara Humas CV Berkah Surya, Indra Yamamura menerangkan pihaknya akan ikut berkontribusi  membantu penanganan jalan rusak di ruas Pinoh Ella. Pihaknya membantu menyediakan tiga unit truk puso yang nantinya dapat dipergunakan untuk mobilisasi material yang diperlukan.

"Kami ikut terlibat sebagai bentuk kepedulian sosial bersama pemerintah untuk penanganan jalan tersebut. Karena kerusakan jalan tidak hanya merugikan masyarakat, tapi juga perusahaan yang sama-sama menggunakan jalan ini," ujarnya. (eko/bah)

 

Sidebar

Dilintasi Truk Sawit

Warga yang kerap melintas di ruas Pinoh-Ella, Dedi mengungkapkan kondisi jalan Pinoh-Ella saat ini berlubang dan dipenuhi lumpur di berbagai titik.

 

"Saat ini ada lima titik yang parah di ruas jalan Pinoh Ella yakni di daerah Semadin Lengkong dekat Simpang Tahlut dan di ujung Jembatan Kebebu, termasuk juga di Dusun Otak. Kondisi kubangan di titik tersebut  sudah semakin dalam," katanya.

 

Dedi menerangkan kondisi jalan seperti ini sudah berlangsung sejak banjir besar yang melanda Melawi sebulan yang lalu. Ditambah lagi dengan kondisi jalan makin parah, namun angkutan buah sawit di ruas jalan tersebut tetap berjalan.

 

"Beberapa truk yang melintas pun ada yang tumbang. Truk ini membawa buah sawit," paparnya. (eko/bah)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda