Melawi post authorKiwi 30 Juni 2020 38

Panen Raya Padi di Desa Guhung, Panji Dorong Petani Produktif Bertani

Photo of Panen Raya Padi di Desa Guhung, Panji Dorong Petani Produktif Bertani PANEN PADI - Pelaksanaan panen padi perdana di Desa Guhung Kecamatan Belimbing yang dihadiri Bupati Melawi, Panji, Senin (29/6).

NANGA PINOH, SP - Walau masih dalam masa pandemi Covid-19, petani Melawi tetap berupaya beraktivitas agar kebutuhan pangan terus terpenuhi. Hal ini terlihat dari pelaksanaan panen raya yang digelar di Desa Guhung Kecamatan Belimbing, Senin (29/6).

Dihadiri Bupati Melawi, Panji, pelaksanaan panen raya digelar di sawah yang dikelola Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Guhung. Produksi padi di lahan tersebut mencapai 7,8 ton per hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Melawi, Oslan Junaidi dalam sambutannya mengatakan instansinya terus berupaya mengoptimalkan hasil pertanian dan perikanan di Melawi walau dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Karena kita harus menjaga ketahanan pangan di tingkat petani dan masyarakat," ujarnya.

Karena itu, lanjut Oslan, walau banyak refocusing anggaran di Distankan, baik anggaran rutin yang nyaris tidak ada serta kegiatan yang bersumber dari pusat juga banyak yang terpangkas, namun Distankan tetap memberikan semangat bagi petani dan penyuluh untuk tetap tanam.

"Sebab kita memahami bahwa sehebat-hebatnya pasukan maupun persenjataan serta strategi, bila dalam kondisi lapar, akan sulit memenangi pertempuran dalam Covid-19 ini," katanya.

Oslan menyampaikan terima kasih atas peran serta TNI-Polri yang banyak membantu memberikan motivasi pada petani agar selalu menjaga ketahanan pangan melalui program holtikultura.

"Sehingga kami ikut merasa terbantu dan siap melakukan sinergisitas dengan dua lembaga tersebut," katanya.

Distankan, kata Oslan, saat ini memiliki empat titik wilayah untuk pembenihan padi. Sehingga nantinya untuk ketersediaan benih tidak perlu lagi membeli benih keluar. Saat ini ada areal untuk penyediaan benih padi ada di Dusun Senain, Desa Nanga Kompi Kecamatan Sayan, kemudian Dusun Teluk Batu, Desa Tembawang Panjang, Nanga Pinoh, kemudian di Desa Guhung serta Desa Nanga Nuak, Kecamatan Ella Hilir.

"Area sawah terbesar ada di Senain, dengan luas lahan kurang lebih 30 hektare dan akan panen pada Agustus," katanya.

Dengan stok benih ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan benih di Melawi. Mengingat bila mengharapkan dari luar, datangnya terlalu lama, seperti benih padi dari Pulau Jawa.

"Kedepan nanti kita sendiri yang mengeluarkan benih untuk Melawi dan sekitarnya," ujarnya. 

Fokus Bangun Sentra

Bupati Melawi, Panji menegaskan peran petani yang sangat penting di masa-masa seperti ini. Petanilah yang bisa menyediakan sumber pangan bagi masyarakat. Apalagi di masa pandemi, ancaman ketahanan pangan akan menjadi persoalan serius kedepannya.

"Sehingga diharapkan petani juga tetap bertani, menanam padi agar kebutuhan pangan kita tercukupi, paling tidak petani punya beras di rumah," pesannya.

Panji juga mendorong agar Distankan membangun fokus sentra di tiap daerah. Seperti pertanian, nantinya akan difokuskan di daerah mana, begitu juga untuk peternakan atau perikanan dan berbagai sektor lainnya. 

"Sehingga walau nanti merata ada di tiap daerah, tapi juga ada fokus untuk tiap daerah terkait pengembangan potensi pertanian yang ada," katanya. (eko/bah)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda