Melawi post authorBob 29 Juli 2020

Harga LPG Subsidi Melambung Pertamina Gelar Operasi Pasar

Photo of Harga LPG Subsidi Melambung Pertamina Gelar Operasi Pasar Foto :ISTANTRE - Antrean masyarakat di Lapangan Kuliner yang ikut operasi pasar LPG 3 Kilogram, Senin (27/7).

Dalam dua hari terakhir, antrean masyarakat terlihat di dua tempat berbeda. Ratusan masyarakat ini berupaya mendapatkan LPG 3 kilogram yang dijual dengan harga Rp18 ribu per tabung. 

Wina, salah seorang ibu yang ikut mengantre di Lapangan Kuliner Nanga Pinoh, Senin (27/7) mengatakan ia mendapat informasi adanya operasi pasar LPG 3 Kilogram yang dijual dengan harga miring.

"Harganya murah hanya Rp18 ribu per tabung. Jauh lebih murah daripada harga gas di warung atau toko," katanya.

Wina mengungkapkan biasa ia mendapatkan harga LPG 3 Kilogram paling tidak Rp30 ribu per tabung. Sementara dalam beberapa hari terakhir dirinya kerap kesulitan mendapatkan gas.

"Kami hanya pakai untuk masak sehari-hari. Kadang beli dua minggu sekali. Hanya memang sulit dapat gas. Jadi mumpung ada operasi pasar walau harus antre lumayan panjang. Yang penting dapat harga gas murah," katanya.

Operasi pasar LPG 3 kilogram ini sendiri direncanakan akan digelar selama empat hari. Hari pertama sudah digelar pada Senin (27/7) lalu di Lapangan Kuliner Nanga Pinoh. Sedangkan di hari kedua, Selasa (28/7) operasi pasar digelar di pangkalan Andi, Jalan Tengah Desa Paal Nanga Pinoh.

Pengelola Agen PT Melawi Nusantara Pinoh, Eko Siswanto mengatakan, penjualan tabung 3 Kg tersebut difasilitasi oleh Pangkalan Andi dalam pendistribusiannya bekerjasama dengan pihak Pertamina serta agen di lapangan. Total ada  560 LPG 3 Kilogram yang disalurkan ke warga.

“Operasi pasar mendapat respons positif dari warga sekitar, terbukti dengan antrean yang tertib dalam operasi pasar tersebut,” ungkapnya.

Eko juga mengatakan operasi pasar dijadwalkan kembali digelar pada Rabu (29/7) di Desa Sidomulyo dengan total tabung gas yang dijual sebanyak 560 tabung. Sedangkan pada Kamis direncanakan digelar operasi serupa di Desa Pemuar Kecamatan Belimbing.

"Sistemnya sama, satu orang satu tabung dengan membawa fotocopy KTP atau SIM," jelasnya. 

Sementara, pemilik pangkalan, Andi menjelaskan LPG 3 KG yang dijual dalam operasi pasar kali ini yakni harga per tabung Rp18.000,- per orang maksimal satu tabung, dengan menunjukkan KTP.

“Agen penyalur yakni PT Melawi Nusantara Pinoh, ” jelasnya.

Masih menurut Andi, kegiatan Operasi Pasar LPG 3 Kilogram di Kecamatan Nanga Pinoh dilakukan untuk memastikan bahwa stok gas melon ini aman serta memenuhi tingkat permintaan masyarakat.

"Kami juga berharap ada sosialisasi dari pemerintah pada masyarakat mampu untuk tidak menggunakan LPG bersubsidi ini, tapi membeli gas 5.5 kilogram atau 12 kilogram," harapnya. (eko susilo/bah)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda