Mempawah post authorBob 05 Juli 2020 44

BPBD Gencarkan Sosialisasi Penanggulangan Karhutla

Photo of BPBD Gencarkan Sosialisasi Penanggulangan Karhutla BPBD Gencarkan Sosialisasi Penanggulangan Karhutla

MEMPAWAH, SP - Kepala Bidang Penanggulangan Bencana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Didik Sudarmanto, mengatakan meskipun saat ini curah hujan terbilang tinggi, namun antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah dilakukan.

"Kita baru-baru ini, sudah berkoordinasi dengan kepala desa, yang desanya biasanya menjadi langganan karhutla, dalam mengantisipasi terjadinya karhutla," tutur Didik, belum lama ini.

Menurutnya, antisipasi yang dilakukan yakni menyarankan agar desa-desa yang berpotensi terjadi karhutla untuk membentuk kelompok masyarakat (pokmas).

"Dan kita beri pelatihan dengan cara mengoperasionalkan mesin portable dan tata cara pemadaman karhutla sementara," terangnya.

Menurutnya, kawasan-kawasan yang rawan terjadi karhutla terdata di pihaknya ada di delapan kecamatan, dari sembilan kecamatan yang berada di Kabupaten Mempawah. Hanya ada satu kecamatan yang tak berpotensi karhutla.

"Satu kecamatan yang tidak berpotensi karhutla, yaitu Kecamatan Toho. Di mana kawasan di sana tanahnya alufial, sehingga jika terjadi karhutla, pembakarannya sempurna. Sedangkan yang lainnya, kawasannya tanah gambut," papar Didik.

Ia mengimbau masyarakat agar jangan melakukan pembakaran lahan, terutama di lahan gambut. (ben/lha)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda