Mempawah post authorKiwi 08 Januari 2023

Jaga Ekosistem Pantai, Orang Muda Ganjar Kalbar Tanam 500 Bibit Mangrove

Photo of Jaga Ekosistem Pantai, Orang Muda Ganjar Kalbar Tanam 500 Bibit Mangrove Pelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kalbar menanam 500 bibit mangrove di Kabupaten Mempawah pada Minggu (8/1).

MEMPAWAH, SP - Ratusan pemuda yang berjejaring dalam relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Barat (Kalbar) menanam 500 bibit mangrove di Jalan Ahmad Yani, Desa Pasir, Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar. Relawan menanam bibit tersebut bersama komunitas setempat.

Koordinator Wilayah OMG Kalbar Steper Vijaye menjelaskan, kegiatan bertema 'Learn From Nature' ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli para anak muda terhadap pelestarian alam. Khususnya terkait dengan ekosistem pantai seperti kehidupan tanaman mangrove.

"Ini program strategis orang muda Ganjar secara khusus di wilayah Kalbar untuk menjaga ekosistem pantai. Kegiatan ini bertujuan agar kita generasi-generasi muda, cinta kepada lingkungan, terus mengabarkan kegiatan-kegiatan positif untuk menjaga lingkungan ini," kata Vijaye di lokasi, Minggu (8/1).

Dalam kegiatan tersebut, Vijaye menyebut para relawan diberikan edukasi seputar mangrove dan bagaimana cara merawat tanaman pesisir itu. Oleh karenanya, kata Vijaye, pihaknya berkomitmen untuk menjaga ekosisitem pantai.

Hal itu ditunjukkan dengan pembentukkan Kelompok Pelajar Sadar Wisata (Kompaswi) oleh OMG Kalbar. Vijaye mengatakan, pihaknya akan membina Kompaswi sehingga para pemuda bisa menjadi leading sector pelestarian alam ekosistem pantai, khususnya di Kabupaten Mempawah.

"Orang Muda Ganjar terus membimbing, terus membina sehingga keberlanjutan-keberlanjutan yang akan kami laksanakan melalui komunitas yang kami bentuk hari ini, terus kita jalankan, baik itu dari program mingguan, program bulanan, dan akan berlangsung di OMG ini," katanya.

Vijaye berharap, anak muda makin peduli terhadap pelestarian lingkungannya. Melalui program OMG Kalbar ini, Vijaye juga berharap Kalimantan tetap menjadi paru-paru dunia dan anak muda terus berkontribusi dalam pelestarian tersebut.

"Harapannya generasi-generasi muda ini peka terhadap lingkungan, melihat situasi lingkungan, sehingga Kalimantan Barat secara khusus Kabupaten Mempawah ini bisa dinikmati semua orang, khususnya di Indonesia, bahkan dari Mempawah untuk Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pasir Abdul Hamid mengapresiasi relawan OMG Kalbar yang telah menunjukkan kepedulian terhadap kelestariaan alam dengan menanam mangrove. Abdul berharap, ke depan akan lebih banyaka anak muda yang melakukan hal serupa.

"Saya ucapkan sebesar-besarnya terima kasih karena sudah dibantu dalam hal kegiatan ini, terlebih ini melibatkan anak-anak muda yang menjadi penerus kita semua. Harapan kami besar untuk mereka menjaga, dari relawan Ganjar," pungkasnya.(din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda