Mempawah post authorKiwi 14 Juli 2021

Prodi TPHP Polnep Gelar PKM di Peniti Luar, Transfer Teknologi Tepat Guna Olahan Nira Kelapa

Photo of Prodi TPHP Polnep Gelar PKM di Peniti Luar, Transfer Teknologi Tepat Guna Olahan Nira Kelapa Istimewa

 

MEMPAWAH, SP – Tim Dosen Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) kembali menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Di Desa Peniti Luar, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, belum lama ini.

Kegiatan tersebut berupa transfer teknologi tepat guna olahan nira kelapa dengan sumber dana dari DIPA Jurusan TP-Polnep tahun 2021.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Tim PKM Polnep yang terdiri dari beberapa dosen, yaitu Suharyani Amperawati, Agato dan Desdi Hendra Gunawan, Arina Millati dan mahasiswa yaitu Rizal dan Febriyani prodi TPHP serta UPPM Polnep diwakili Joniadi.

Menurut Ketua pelaksana PKM, Lamria Mangunsong, bahwa prodi TPHP memiliki kompetensi dan keahlian mengolah hasil panen tanaman perkebunan seperti kelapa. Banyak bagian kelapa bisa diolah menjadi bahan pangan salah satunya adalah nira kelapa.

“Kegiatan ini dapat memberikan wawasan pengetahuan dan ketrampilan serta menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan warga dan mendukung pemerintah dalam memanfaatkan potensi lokal,” ungkap Lamria.

Lamria mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dirumah sekdes Peniti Luar yaitu bapak Burhanudin. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari pihak desa dan peserta. Kegiatan ini diikuti sekitar 20 ibu PKK dan remaja putri yang diketuai oleh Nadira.

Di tempat yang sama, Sekdes Peniti Luar, Burhanudin mengucapkan terimaksih kepada para dosen, UPPM Polnep, teknisi dan mahasiswa TPHP Polnep, karena mereka telah menggelar kegiatan pengabdian pada masyarakat didesanya.

“Selanjutnya saya sangat menginginkan tranfer IPTEK Kembali pada pengembangan potensi yang ada didesa setempat seperti ubi kayu dan pisang,” pungkasnya.(lwu)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda